Vaksin Merah Putih Kemungkinan Akan Digunakan pada Awal Tahun 2022

- 30 Mei 2021, 18:58 WIB
Ilustrasi Vaksin Merah Putih yang diprediksi dapat digunakan pada awal tahun 2022
Ilustrasi Vaksin Merah Putih yang diprediksi dapat digunakan pada awal tahun 2022 /PIXABAY/fernandozhiminaicela

RINGTIMES BALI – Angka positif Covid-19 di Indonesia terus melonjak tajam. Para pasien banyak berdatangan dari kluster pemudik.

Per tanggal 30 Mei 2021, Jumlah pasien Covid-19 Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet telah tembus lebih dari 2.013 pasien.

Vaksin kini ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas, Indonesia sejauh ini telah menggunakan dua jenis vaksin yakni Sinovac dan AstraZeneca.

Baca Juga: ASN dan PPT Non-ASN Mutakhirkan Data Mandiri Mulai Juli 2021, Unduh Link Syarat Lengkapnya di Sini

Namun, uji praklinik tahap pertama yang dilakukan oleh Universita Airlangga (Unair) Surabaya terhadap Vaksin Merah Putih menuai hasil yang positif.

Dilansir dari situs PMJ, vaksin karya anak bangsa tersebut diprediksi akan bisa digunakan sekitar awal tahun 2022 mendatang.

"Terkait dengan titer antibodi trennya baik sekali, PA juga baik, dan saat ini pemeriksaan masih berlangsung," ujar Ketua Tim peneliti Vaksin Merah Putih Unair, Prof Dr Fedik Abdul Rantam drh dalam keterangannya, Minggu 30 Mei 2021.

Baca Juga: Jadwal Pencairan BST Mei, Cair Juni Rp600 Ribu, Cek di Sini

"Diantaranya pemeriksaan immunotyping, ginjal, hematologi, toksisiti, dan pemeriksaan darah total. Hasil pemeriksaan itulah yang akan dijadikan dasar untuk melakukan uji praklinik fase 2," sambungnya.

Selanjutnya, pihaknya akan menyiapkan uji praklinik fase 2 akan dipersiapkan, dimana vaksin tersebut akan diuji coba ke hewan makaka.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x