Kenali Gejala Infeksi Jamur Pasien Covid-19 di India, Dokter Ungkap Penyebabnya

- 28 Mei 2021, 21:11 WIB
vaksinansi masyarakat India
vaksinansi masyarakat India /Dok. Aljazera

RINGTIMES BALI – Meski kasus Covid-19 di India mulai melandai, namun kasus baru infeksi jamur justru kembali menghantui masyarakat India.

Infeksi jamur hitam, kuning, dan putih menyerang pasien Covid-19 yang sudah pulih dengan menunjukkan berbagai macam gejalanya.

Penyebab dari infeksi jamur ini kemungkinan karena penggunaan steroid yang berlebihan pada pasien Corona Virus-19 maupun orang dengan penyakit lainnya.

Baca Juga: Penemuan Gambar Buatan Manusia Misterius di India Bikin Geger, Sebut Terbesar di Dunia

“Infeksi jamur sangat jelas terlihat pada pasien dengan penyakit penyerta dan penggunaan steroid yang berlebihan,” kata Dr. Ray, dikutip Ringtimesbali.com dari laman Independent.

Selanjutnya, Dr. Ray juga menyebutkan kemungkinan peningkatan infeksi tersebut terjadi karena kurangnya tempat tidur rumah sakit selama gelombang kedua.

Selain pasien terdampak Corona, penggunaan steroid juga yang diresepkan pada penderita diabetes dan penyakit penyerta lainnya.

Baca Juga: Dewi Corona Muncul di India, Disembah Warga Pakai Bunga dan Permen

“Steroid penting dalam pertempuran kami melawan Covid-19 ketika pasien dirawat di rumah sakit dan membutuhkan oksigen atau pada pasien yang sakit parah,” katanya.

Adapun gejala umum yang bisa dikenali pada orang yang terjangkit infeksi jamur hitam yaitu:

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: independent.co.uk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x