Cek Fakta Dikabarkanya Megawati dan Jokowi Hadiri Pertemuan Rahasia PKI!!!

- 2 Juni 2020, 14:30 WIB
HOAKS Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI.* /Turn Back Hoax MAFINDO

RINGTIMES BALI – Tersiar Informasi yang menyebut bahwa Presiden Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri menghadiri agenda pertemuan rahasia.

Kabar tersebut disertai dengan unggahan foto yang memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan itu sedang memotong tumpeng di atas meja yang berlogo Partai Komunis Indonesia.

Sebagaimana dikutip dari Kominfo menyatakan klaim tersebut merupakan informasi yang salah dan termasuk dalam bagian berita hoaks.

Baca Juga: Pesepeda di Monas Meninggal Saat Olahraga Memakai Masker, Cek Faktanya

Kabar tersebut pastinya ramai diperbincangkan di media sosial setelah akun Facebook Jarjit Khan membagikan foto tersebut pada Jumat 29 Mei 2020 serta mengklaim bahwa agenda tersebut merupakan salah satu momentum kebangkitan PKI.

Unggahan Jarjit Khan dengan kalimat “Ada apa lagi ini PKI” yang disematkan dalam foto tersebut telah mendapatkan 233 komentar, 7 kali dibagikan, dan 51 kali disukai.

Berita hoaks tersebut pernah muncul pada tahun 2017 lalu dengan klaim yang sama. Tetapi foto dengan meja berlogo PKI tersebut adalah hasil suntingan yang sudah melalui proses rekayasa visual.

Baca Juga: Ibadah Haji 2020 Dibatalkan, Pemerintah: Ini Cukup Pahit dan Sulit

Faktanya foto tersebut merupakan momentum perayaan hari ulang tahun PDI Perjuangan yang ke-41 yang digelar di Kantor DPP PDIP Jakarta Selatan pada Jumat, 10 Januari 2014.

Saat itu, Megawati secara simbolis memotong tumpeng yang kemudian dibagi-bagikan kepada sejumlah tokoh terkemuka PDI Perjuangan termasuk Joko Widodo yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta serta Puan Maharani yang masih menjabat sebagai Ketua Harian BP Pemilu.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Ringtimes Banyuwangi (PRMN)


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X