Sacha Inchi, Manfaat dan Perkembangannya di Indonesia

- 23 Februari 2023, 20:45 WIB
Sacha Inchi, tanaman kaya manfaat beserta potensi dan perkembangannya di dunia usaha.
Sacha Inchi, tanaman kaya manfaat beserta potensi dan perkembangannya di dunia usaha. /YouTube/ sacha inchi borneo

RINGTIMES BALI – Sacha Inchi atau kacang bintang adalah tanaman berjenis perdu yang hidup di sebagian besar daerah tropis Amerika, dengan nama ilmiah Plukenetia Volubilis. Tanaman ini banyak dibudidayakan di China, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan mulai masuk ke Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Belum ditemukan sumber pasti yang menyebutkan kapan pertama kali tanaman Sacha Inchi ini muncul di Indonesia.

Tim Ringtimes Bali mendapatkan informasi dari anggota Perkumpulan Petani dan Pengusaha Sacha Inchi Nusantara (PERPESIN).

Asosiasi petani tanaman yang juga memiliki sebutan kacang inka ini bahwa di salah satu perusahaan otomotif yang berada di Karawang terdapat pohon yang sudah berusia lebih dari lima tahun atau sudah ada sekitar tahun 2017-an. 

Baca Juga: Lima Ide Jualan Saat Ramadhan, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga hingga Mahasiswa, Dijamin Laris Manis

“Tanaman ini awalnya dibawa orang Jepang dan ditanam di salah satu Perusahaan Otomotif di Indonesia, tepatnya di Karawang lima tahun yang lalu. Tanaman ini sebagai kenang-kenangan selama beliau di Indonesia," ujar Rizal dalam diskusi di grup WhatsApp PERPESIN pada Jumat, 3 Februari 2023.

"Para karyawan tidak tahu nama dan kegunaannya dan dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa ada pemupukan dan saya membeli buahnya lima kilo,” sambungnya. 

Selain itu, ada informasi lain yang mengatakan bahwa tanaman ini pertama kali dibawa ke Indonesia oleh eksportir kopi, Ir. Setra Yohana, yang memperoleh bibitnya dari Vietnam sebanyak 250 gram sebagai oleh-oleh saat ia berkunjung ke sana pada tahun 2018.

Baca Juga: Cara Mengolah Biji Kopi Arabika Gununghalu KBB dengan Proses Honey Ala Double R Coffee

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x