Cara Mengolah Biji Kopi Arabika Gununghalu KBB dengan Proses Honey Ala Double R Coffee

- 16 Februari 2023, 20:41 WIB
Kopi Double R Gununghalu KBB.
Kopi Double R Gununghalu KBB. /Ferdiansyah/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Cara mengolah biji kopi banyak sekali prosesnya, salah satu proses biji kopi yang akan kita suguhkan adalah varietas kopi Arabika Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan proses Honey.

Proses kopi Arabika Honey Gununghalu ini semakin populer dikalangan petani kopi dan para penikmat kopi di Nusantara.

Sebelumnya, para petani kopi hanya memproses kopi dengan sistem Dry Process saja untuk bisa mengupas kulit kopi.

Cara Mengolah biji kopi ada tiga yaitu Dry, Honey dan Full Wash Process, ketiga cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Para pecinta kopi mania Nusantara kali ini ada seorang produsen kopi proses dari Gununghalu KBB, Rida Masykur Saleh yang sudah mempunyai brand kopi sendiri dengan nama Brendnya 'Kopi Double R Gununghalu' akan mengenalkan bagaimana cara mengolah proses kopi Honey Gununghalu.

Baca Juga: Resep Membuat Seblak Kering, Cocok untuk Usaha Rumahan, Simak Caranya

Kopi Honey yang diproses oleh Brend kopi 'Double R Gununghalu' ini sudah menyebar ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke Negara tetangga, tidak heran lagi kopi ini laku keras dipasaran.

Penasaran kan! Kopi mania Nusantara! Jangan khawatir kali ini Tim Ringtimes Bali sudah menyiapkan sedikit ulasan proses cara membuat Kopi Arabika Honey ala Produsen Gununghalu Double R Gununghalu.

Langkah pertama pengolahan kopi ini dilakukannya pengupasan kulit kopi menggunakan pulper tanpa air, setelah itu biji kopi langsung dikeringkan dalam kondisi masih ada mucillage.

Nah! Kopi Mania Nusantara kenapa kopi ini dinamai Honey atau madu, karena masih ada mucillage atau biji kopi dalam keadaan lengket dengan tekstur seperti madu.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x