Tips Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran Ala Raditya Dika

- 3 April 2022, 19:10 WIB
ilustrasi - Mari simak 15 tips mengatur keuangan ala Raditya Dika berdasarkan riset dan pengalaman ia rasakan dalam mengatur keuangan.
ilustrasi - Mari simak 15 tips mengatur keuangan ala Raditya Dika berdasarkan riset dan pengalaman ia rasakan dalam mengatur keuangan. /pixabay

RINGTIMES BALI - Berikut adalah tips mengatur keuangan ala YouTuber dan Komika terkenal, Raditya Dika yang perlu dipelajari, khususnya menjelang Lebaran.

Banyak orang yang masih berjuang mengatasi masalah keuangan dan perlu belajar mengatur keuangan. Bahkan persoalan keungan menjadi penyebab konflik utama kebanyakan keluarga.

Oleh sebab itu mari simak 15 tips mengatur keuangan berdasarkan riset dan pengalaman Raditya Dika yang dilansir dari kanal Youtube Raditya Dika.

Baca Juga: Hukum Menyikat Gigi Saat Puasa Menurut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

1. Beli barang untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain
Menurut Raditya Dika, kebanyakan orang membeli barang bukan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi untuk meninggikan gengsi alias pamer.

Hal yang benar menurut komika ini adalah membeli barang yang sesuai kebutuhan dan keuangan.

2. Waktu adalah teman terbaik untuk investasi
Pada poin kedua ini, Raditya mengungkapkan bahwa investasi itu sangat penting. Semakin lama kita berinvestasi, maka semakin besar hasil juga akhirnya.

Dia memberi contoh ketika ia pertama kali menerima royalti pada tahun 2005 atas buku Kambing Jantan, di mana sisa hasil royalti setelah dipakai untuk kebutuhannya diinvestasikan untuk dana pensiun.

Baca Juga: Download lagu Breathe - Lauv MP3 MP4 Beserta Lirik, Sekali Klik

3. Uang keluar harus lebih sedikit daripada uang masuk
Raditya mengaku bahwa ia mendapatkan tips ini dari orang lain. Pengeluaran kita tidak boleh lebih besar dari penghasilan. Walaupun penghasilan kita sudah besar, pengeluaran kita tidak boleh ikut meningkat.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x