Pertumbuhan Aset BRI Meningkat di Kuartal I 2021 Meski BRI Syariah Merger ke BSI

- 28 Mei 2021, 11:19 WIB
BRI Tower. Setelah BRI SYariah merger ke BSI, pertumbuhan BRI tetap meningkat di kuartal I tahun 2021
BRI Tower. Setelah BRI SYariah merger ke BSI, pertumbuhan BRI tetap meningkat di kuartal I tahun 2021 /Dok. BRI

RINGTIMES BALI - Penggabungan atau merger BRIsyariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) berpengaruh besar terhadap aset tiga bank pelat merah mulai kuartal I 2021.

Namun demikian, meskipun aset BRIsyariah sudah tidak dikonsolidasikan ke BRI pasca merger tiga bank syariah milik Himbara, BRI masih mampu mencatatkan pertumbuhan Aset selama tiga bulan pertama tahun ini.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan bahwa ditengah periode krusial yang penuh tantangan akibat pandemi, BRI terus fokus menjaga pencadangan dan konsisten menciptakan kinerja yang sustain.

"Sampai Maret 2021 BRI mampu mencatatkan Laba Rp6,86 triliun. Aset pun masih tumbuh positif 3,38 persen yoy dengan total Aset BRI mencapai Rp1.411,05 triliun. Ini naik dibandingkan kuartal I tahun lalu di mana Aset BRI Rp1.358,98 triliun,” ujar Aestika.

Baca Juga: Kolaborasi BRI dengan NeverTooLavish , Desain Kartu BRIZZI dan Galeri ATM Lebih Millenial

Artinya meskipun Aset BRIsyariah sebesar Rp.57,9 triliun (per Desember 2020) sudah tidak dikonsolidasikan ke BRI pasca merger tiga bank syariah milik Himbara, namun BRI masih mampu mencetak pertumbuhan Aset positif selama kuartal 1 tahun ini.

Selain itu, BRI juga berhasil menjaga Aset tetap bertumbuh positif hingga Maret 2021 kendati Perseroan mengalihkan seluruh portofolio dan layanan perbankan di wilayah Aceh kepada BRIsyariah (yang saat ini telah bergabung menjadi BSI) karena penerapan qanun di wilayah tersebut.

Dalam qanun tersebut, lembaga keuangan di Aceh harus dikonversikan menjadi syariah atau mengoperasionalkan unit syariahnya.

Hal ini sejalan dengan komitmen BRI untuk tunduk dan menjalankan ketentuan Peraturan Daerah qanun No.11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Baca Juga: Berkat Pembiayaan BRI, Perempuan Asal Sulses Sukses Bisnis Perkapalan

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x