BRI Berhasil Tumbuhkan Kredit Usaha Mikro di Masa Pandemi

- 25 Mei 2021, 14:57 WIB
BRI berhasil tumbuhkan kredit usaha mikro di masa pandemi.
BRI berhasil tumbuhkan kredit usaha mikro di masa pandemi. /Dok. BRI

RINGTIMES BALI - Ekonomi nasional tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19. Di tengah kondisi perekonomian mulai pulih, BRI berhasil melakukan kinerja positif. Meski ada pencadangan, kredit mikro BRI tercatat tumbuh sebesar 12,43%.

BRI berhasil memperoleh laba senilai Rp6,86 triliun pada akhir Kinerja Kuartal I 2021. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama BRI Sunarso di Jakarta, 25 Mei 2021.

Hingga akhir Maret 2021 penyaluran kredit BRI tercatat sebesar Rp 914,19 triliun. Penopang utama pertumbuhan kredit BRI yakni kredit mikro senilai Rp360,03 triliun.

Baca Juga: Nasabah BRI Diuntungkan, Cek Perbandingan Transaksi Kartu Debit BRI di ATM

Secara umum, kredit UMKM BRI tercatat sebesar 80,60 persen dari seluruh kredit BRI. Angka tersebut dinilai lebih tinggi dibanding periode tahun lalu.

Porsi kredit UMKM BRI tersebut diprediksi akan terus naik. Perseroan menargetkan nilainya akan tembus hingga mencapai 85 persen.

Perseroan mampu menjaga kualitas kredit yang disalurkan dengan baik. Hal tersebut terlihat dari rasio kredit bermasalah (NPL) yang tercatat sebesar 3,16 persen pada akhir Maret 2021.

Dirut BRI Sunarso mengatakan bahwa pencadangan BRI dilakukan dengan komposisi yang baik.
Dirut BRI Sunarso mengatakan bahwa pencadangan BRI dilakukan dengan komposisi yang baik. Dok. BRI

Baca Juga: Gunakan Transaksi Digital BRI, Solusi Aman saat Pandemi

"Pencadangan yang ditetapkan BRI dialokasikan dengan komposisi terbaik, dimana hingga akhir tahun kami proyeksikan pencadangan ini tidak akan setinggi tahun sebelumnya seiring dengan kondisi ekonomi yang kian membaik,” ujar Sunarso.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x