3 Fenomena Antariksa Langka Akan Terjadi 14 Juni hingga 14 Juli 2022, Bisa Dilihat Secara Langsung

- 15 Juni 2022, 12:24 WIB
Ilustrasi, 3 fenomena antariksa yang langka akan terjadi dalam kurun waktu satu bulan, yaitu dari 14 Juni hingga 14 Juli 2022.
Ilustrasi, 3 fenomena antariksa yang langka akan terjadi dalam kurun waktu satu bulan, yaitu dari 14 Juni hingga 14 Juli 2022. /Pixabay/Robert Karkowski

RINGTIMES BALI - Tiga fenomena antariksa yang langka akan terjadi dalam kurun waktu satu bulan, yaitu dari 14 Juni hingga 14 Juli 2022.

Tiga fenomena tersebut yaitu Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon), Bulan Baru Stroberi Mikro (New Strawberry Micromoon), dan Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon).

Dilansir Ringtimes Bali dari akun resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik Indonesia, fenomena Purnama Stroberi Super dan Purnama Rusa Super dapat dilihat secara langsung dengan mata telanjang dan tanpa alat bantu optik.

Cara melihat kedua fenomena tersebut cukup dengan mengarahkan pandangan sesuai arah dan waktu terbit hingga terbenamnya bulan.

Baca Juga: LAPAN Jelaskan Foto Diduga Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi

Namun, jika ingin mengabadikan momen fenomena langka ini dalam bentuk citra foto atau rekaman video, tetap memerlukan alat bantu optik.

BRIN menyarakankan untuk menggunakan teleskop maupun binokuler atau monokuler yang sudah terhubung dengan kamera ponsel atau kamera CCD.

Kamera tersebut nantinya disambungkan pada komputer atau laptop pribadi.

Khusus untuk Bulan Baru Stroberi Mikro, fenomena ini tidak bisa disaksikan saat pagi hari sebelum matahari terbit.

Baca Juga: LAPAN Ajak Masyarakat Lihat Gerhana Bulan Total Hari Ini Lewat Live Straaming Youtube

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: brin.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x