15 Kabupaten di NTT Terancam Darurat Kekerdilan, BKKBN Sebut Tak Ada Daerah Berstatus Hijau

- 4 Maret 2022, 21:00 WIB
Dokumen - Seorang ibu mengendong untuk menjalani pemeriksaan kesehatan bayi dan anak cegah stunting di Desa Bokong, Kabupaten Kupang, NTT, Kamis (2/12/2021).
Dokumen - Seorang ibu mengendong untuk menjalani pemeriksaan kesehatan bayi dan anak cegah stunting di Desa Bokong, Kabupaten Kupang, NTT, Kamis (2/12/2021). /ANTARA/Kornelis Kaha

 

RINGTIMES BALI – Ada 15 Kabupaten di NTT yang terancam darurat kekerdilan. Demikianlah ungkapan dari Hasto Wardoyo selaku Kepala Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terkait kondisi NTT Terkini.

Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2021 lalu, terdapat 15 Kabupaten di NTT dengan kaategori merah karena angka kekerdilan di atas 30 persen.

Dari data tersebut teridentifikasi 15 kabupaten tersebut, diantaranya: Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Alor, Kapupaten Sumba Barat Daya, Kabupatem Mangarai timur, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Rote Ndao.

Baca Juga: Rusia Serang Daerah Pembangkit Listrik Nuklir Terbesar Eropa di Zaporizhzhya Ukraina

Ada juga kabupaten Belu, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Sumba tengah, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Lembata, Kabupaten Malaka.

Dari 15 kabupaten tersebut, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara mencatatkan angga prevelensi di atas 46 persen untuk angka kekerdilan.

Dari data tersebut juga diketahui bahwa lima dari lima belas kabupaten di NTT masuk sepuluh besar daerah dengan angka prevalensi tertinggi mengenai kekerdilan di Indonesia dari 246 Kabupaten/kota yang menjadi prioritas percepatan penurunan tingkat kekerdilan.

Baca Juga: LSI Merilis 64 Persen Warga Tolak Tunda Pemilu 2024

Lima kabupaten di NTT yang masuk 10 besar dengan tingkat kekerdilan tertinggi adalah Timor Tengah Selatan dengan peringkat pertama, Timor Tengah Utara dengan peringkat kedua, Alor dengan peringkat kelima, Sumba Barat Daya dengan peringkat keenam, dan Manggarai Timur dengan peringkat kedelapan.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x