BNPB Gelontorkan Dukungan Logistik Senilai 1,1 Miliar Sebagai Bentuk Percepatan Penanganan Darurat.  

- 5 Desember 2021, 12:16 WIB
Kunjungan Kepala BNPB ke Kabupaten Lumajang 5 Desember 2021
Kunjungan Kepala BNPB ke Kabupaten Lumajang 5 Desember 2021 /Tangkapan Layar

 

RINGTIMES BALI –  
Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan telah mengirimkan sejumlah bantuan penanganan darurat pasca terjadinya erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021 kemarin.

Sesuai dengan perintah Kepala BNPB Letnan Jendaral TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., pengiriman banuan logistik tahap pertama dilakukan pada hari yang sama terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru supaya masyarakat yang terdampak dapat segera ditangani.

Dilansir dari konferensi Pers BNPB pada 5 Desember 2021, bantuan yang diberikan dari BNPB kepada masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru yaitu antara lain 1.347 paket makanan siap saji, 1.377 paket lauk pauk, 2.000 lembar selimut tidur, 900 lembar matras alas tidur, 20.000 pcs masker jenis KF 94, dan 2 unit tenda panjang pengungsian.

Baca Juga: Gunung Semeru Mengeluarkan Awan Panas, BNPB Percepat Bantuan Distribusikan Logistik dan Tim Reaksi Cepat (TRC)

Total seluruh bantuan yang diberikan mencapai seniliai Rp 1.149.189.300 , Pengiriman bantuan logistik tersebut berbarengan dengan Tim Reaksi Cepat(TRC) berserta perwakilan kementerian lembaga yang langsung menuju TKP yaitu ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur juga telah mengirim bantuan peralatan & Mobil Operasional, dan rincian bantuan logistik seperti 60 paket lauk pauk, 60 paket tambahan gizi, 200 pcs selimut tidur, 20 paket family kids, 20 paket kids ware, 300 paket sembako, 20 lembar terpal, 10 lembar kantong mayat, 10.000 pcs masker kain, 10.000 pcs  masker medis, 2000 pcs masker jenis KF 94, perlengkapan bayi, 1.000 pcs karung, 500 kg beras ,dan 50 dus mie instan.

Bantuan lain juga berasal dari Dinas Kesehatan dan Pusat Krisis Kesehatan Provinsi Jatim telah mengirimkan bantuan dukungan alat kesehatan bagi petugas seperti  10.000 pcs masker , 1 unit tenda 4 meter x 4 meter, 1 pasang sepatu boat masing-masing 12 pcs, 10 pcs kacamata google, dan 36 pasang sarung tangan karet.

Baca Juga: Update Gunung Semeru Meletus, BNPB Terjun ke Lokasi Terdampak Hari Ini

Bantuan lain juga berasal dari Satgas Palang Merah Indonesia (PMI) Erupsi Gunung Semeru mengirimkan bantuan seperti 200 box hygiene kit, 50 lembar terpal, 200 lembar selimut tidur, 100 unit matras, 50.000 Lembar masker bedah, 20.000 Lembar masker kain, 2.000 unit face shield, 6 unit tenda pleton, 2 unit tangki air kapasitas 5.000 liter, dan 350 pcs pakaian baru.

Bantuan lain juga berasal dari Rumah Zakat mengirimkan bantuan seperti 1.660 Paket Kornet Superqurban, masker medis, masker Respirator, Generator, Lampu Emergency Lapangan, APD Tim, radio komunikasi, Oksigen dan P3K.

Bantuan lain juga berasal dari Dinas Sosial Kabupaten Lumajang juga telah membuka dapur umum tepatnya di Lapangan Kamar Kajang.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Desa Sumberwuluh Candipuro Lumajang Gelap Gulita

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto, S.Sos., M.M  tiba di Bandar Udara Juanda, Surabaya pada Minggu pukul 8.00 WIB.

Kepala BNPB berserta rombongan disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M., Kepala Polisi Daerah Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, beserta unsur Forkompimda setempat.

Setibanya di Surabaya, Kepala BNPB akan langsung melanjutkan perjalanan  menuju Kabupaten Lumajang melalui jalan darat akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam untuk meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Gunung Semeru Alami Peningkatan Aktivitas Vulkanik, Berikut Penjelasan Lengkap BNPB

Kunjungan Kepala BNPB ini sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo dilakukan untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya proses evakuasi korban terdampak dapat berjalan secara optimal, dan kebutuhan dasar pengungsi tersalurkan dan diterima dengan baik.***

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x