Gunung Semeru Mengeluarkan Awan Panas, BNPB Percepat Bantuan Distribusikan Logistik dan Tim Reaksi Cepat (TRC)

- 5 Desember 2021, 10:21 WIB
Berikut kepala BNPB memastikan distribusi logistik sudah tersalurkan.
Berikut kepala BNPB memastikan distribusi logistik sudah tersalurkan. /Tangkapan layar Instagram.com/BNPB


RINGTIMES BALI –
Gunung Semeru terletak yang berlokasi diantara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang telah mengeluarkan awan panas pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 15.00 WIB waktu setempat.

Kejadian erupsi Gunung Semeru ini pernah terjadi pada bulan yang sama yakni di Desember tahun 2020 lalu tepatnya pada tanggal 1 Desember pukul 13.23 WIB.

Dikutip dari laman resmi website Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada hari ini 5 Desember 2021, pihak BNPB telah memberikan penanganan darurat pasca erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Gunung Semeru Mengeluarkan Awan Panas, Info Penanganan dari BNPB 5 Desember 2021

Kepala BNPB Letnan Jendral TNI Suharyanto, mengatakan pihaknya telah melakukan tindakan percepatan dalam bantuan pengiriman logistik beserta tim TRC beserta perwakilan kementerian dan lembaga lainnya untuk bersinergi mempercepat penanganan ini.

Tim TRC akan mendampingi pemerintahan daerah Luamajang untuk berangkat lebih awal lewat perjalanan darat beserta membawa bantuan logisti berupa selimut, makan siap saji, tenda darurat, matras dan sebagainya.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Desa Sumberwuluh Candipuro Lumajang Gelap Gulita

Sementara titik pengungsian warga berada di Balai Desa Penanggal, di Masjid Jarit, Balai Desa Sumberwuluh, dan di rumah-rumah warga sekitar yang tidak terdampak serta aman dari erupsi Gunung Semeru.

Wakil Bupati Lumajang  Indah Amperawati yang telah berada di Puskesmas Penanggal menyampaikan warga yang mengungsi sekitar 300 Kepala Keluarga (KK) yang berasal dari warga Curah Kobokan dan Desa Supiturang untuk memantau warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru tersebut.

Kepala BNPB hari ini sedang melakukan perjalanan darat dari Surabaya ke Kabupaten Lumajang memastikan penanganan darurat bencana secara cepat dan tepat, terkait dalam evakuasi dan penanganan korban yang mengalami luka-luka.

Baca Juga: Gunung Semeru Alami Peningkatan Aktivitas Vulkanik, Berikut Penjelasan Lengkap BNPB

Letnan Jendral TNI juga ingin membantu memastikan kebutuhan dasar yang diberikan kepada warga yang terdampak sudah disalurkan semua beserta tim BPBD setempat juga berupaya terus melakukan pendataan terhadap warga yang mengungsi.***

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x