Peringkat Militer Indonesia Tahun 2021, Masuk 20 Besar

- 18 November 2021, 19:39 WIB
ilustrasi peringkat militer Indonesia Tahun 2021.
ilustrasi peringkat militer Indonesia Tahun 2021. /Pixabay.com/12019

RINGTIMES BALI – Berikut peringkat militer Indonesia Tahun 2021 berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Global Firepower pada bulan Januari dan diperbaharui bulan Maret.

Peringkat militer Indonesia Tahun 2021 sama dengan tahun sebelumnya, masih berada pada urutan 20 besar dunia.

Peringkat militer Indonesia dan negara lain yang dikeluarkan tahun 2021 ini dihitung berdasarkan penggabungan beberapa indikator yang akan menghasilkan skor PowerIndex atau PwrIndx.

Baca Juga: 7 Negara Memiliki Latihan Militer Paling Ekstrim, Indonesia Tidak Kalah

Dilansir dari kanal YouTube SmartBrain pada 18 November 2021, berikut ini peringkat Militer Indonesia beserta indikator-indikator pengukurnya.

Militer Indonesia saat ini menempati peringkat 16 dari 138 negara, sama dengan tahun 2020. Nilai PwrIndx yang diperoleh negara penduduk terbanyak ASEAN ini adalah 0.2684. skor ini dapat dikategorikan sebagai kategori sempurna.

Sebelumnya, Global Firepower melakukan perhitungan dengan memakai lebih dari 50 indikator militer seperti jumlah tentara, helikopter, pesawat, kapal perang, kapal selam, jumlah tank, dan peralatan militer lainnya. Selain itu, indikator lainnya adalah tingkat pendanaan di bidang militer dan akses menuju produk minyak bumi.

Baca Juga: Kudeta Militer Myanmar Belum Usai, Lahirkan Kelompok Perjuangan Perempuan

Sebagai contoh, Global Firepower mengambil indikator kekuatan Armada Angkatan Laut. Dalam indikator ini, yang akan diperhitungkan adalah kekuatan angkatan laut dan jumlah kapal selam.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x