6 Saksi Diperiksa Terkait Kebakaran Kilang Minyak di Cilacap

- 15 November 2021, 16:24 WIB
Kobaran api yang terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu, 14 November 2021.
Kobaran api yang terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu, 14 November 2021. /ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.

RINGTIMES BALI- Sebanyak enam orang saksi telah diperiksa pihak kepolisian terkait dengan kebakaran Tangki 36 T-102 di area PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap.

Kapolda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Lutfhi mengatakan, dari enam saksi yang telah diperiksa tersebut diantaranya adalah pihak eksternal.

"Dari enam saksi tersebut, lima orang di antaranya adalah pihak eksternal," kata Ahmad, dikutip dari Antara, Senin, 15 November 2021.

Baca Juga: Polri Selidiki Penyebab Kebakaran Kilang Minyak di Cilacap, 5 Saksi Diperiksa

Ahmad mengungkapkan, berdasarkan hasil interogasi, kelima saksi dari pihak eksternal tersebut membenarkan bahwa di sekitar lokasi kejadian sedang turun hujan disertai petir pada Sabtu malam, 13 November 2021. 

Informasi itu diperkuat dengan keterangan saksi dari BMKG Stasiun Meteorologi, Tunggul Wulung Cilacap yang menyatakan bahwa pada hari H terdapat dua titik petir dengan jarak 45 kilometer dan 12 kilometer.

"Ini nanti akan diperkuat keterangan dari ahli tentang bagaimana kondisi petir itu bisa menimbulkan induksi yang mengakibatkan kilatan cahaya," kata Ahmad.

Baca Juga: Kilang Minyak Milik Pertamina di Indramayu Meledak, Ramalan Roy Kiyoshi Terbukti Benar

Selain saksi, Polda Jawa Tengah juga telah memeriksa rekaman video dari tujuh kamera pemantau (CCTV). Dia diantaranya menunjukkan bahwa pada pukul 19.10 WIB terlihat adanya kilatan cahaya petir yang disusul dengan kejadian kebakaran.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x