Menhan Taiwan Sebut Ketegangan dengan China Paling Buruk Selama Dua Dekade

- 6 Oktober 2021, 13:20 WIB
Ilustrasi Menteri Pertahanan Taiwan menyebut ketegangan dengan China paling buruk selama dua dekade.
Ilustrasi Menteri Pertahanan Taiwan menyebut ketegangan dengan China paling buruk selama dua dekade. /REUTERS/Stringer

RINGTIMES BALI – Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng menyebut ketegangan dengan China adalah yang terburuk dalam kurun 40 tahun.

Kecemasan itu ia sampaikan pada 6 Oktober 2021 hari ini dan usai beberapa hari setelah sejumlah pesawat China terbang ke zona pertahanan udara Taiwan.

Ketegangan kedua negara mencapai titik tertinggi antara Taipei dan Beijing yang mengklaim pulau Formosa adalah dalam wilayahnya sendiri.

Baca Juga: Oposisi Selandia Baru Sebut AS dan Inggris Biarkan China Dominasi Indo-Pasifik

Sejak saat itu dan tepatnya beberapa hari belakangan ini pesawat militer China telah berulang kali terbang melalui zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

Selama periode empat hari mulai Jumat pekan lalu, Taiwan telah melaporkan bahwa hampir 150 pesawat angkatan udara China memasuki zona pertahanan udaranya

Dirinya menyebut itu merupakan bagian dari pola yang disebut Taipei sebagai pelecehan berkelanjutan yang dilakukan Beijing terhadap kedaulatan Taiwan.

Baca Juga: Taiwan Murka 38 Pesawat China Masuki Zona Pertahanan Wilayahnya

“Bagi saya sebagai seorang militer, urgensinya ada di depan saya,” katanya kepada komite parlemen yang meninjau pengeluaran militer dikutip dari CNA.

Dirinya juga mengatakan bahwa Taiwan harus selalu waspada terhadap kekuatan 'over the top' China yang makin masif dilakukan.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: CNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x