Kabar Duka Landa India, 90 Warga Sembuh Covid-19 Meninggal Akibat Infeksi Jamur Hitam

- 22 Mei 2021, 17:57 WIB
Kabar duga kembali melanda India, kali ini 90 warga yang sudah sembuh dari Covid-19 meninggal dunia akibat terjangkit infeksi jamur hitam
Kabar duga kembali melanda India, kali ini 90 warga yang sudah sembuh dari Covid-19 meninggal dunia akibat terjangkit infeksi jamur hitam /Dok. Reuters/Danish Siddiqui


RINGTIMES BALI -
Kabar duka datang dari India, Setidaknya 90 warga di India yang sembuh dari Covid-19 dilaporkan meninggal karena infeksi jamur hitam.

Sebelumnya India dikabarkan tengah menghadapi lonjakan baru virus Vovid-19. Namun, Dilansir Ringtimesbali.com dari situs Mirror, sekitar 850 orang dirawat di rumah sakit akibat jamur hitam uang menjangkit negara bagian Maharashtra, India barat.

Pihak berwenang telah memperingatkan rumah sakit akan menerima 5.000 pasien baik pasien covid-19 atau pasien yang terjangkit infeksi jamur hitam selama beberapa bulan ke depan.

Mukormikosis, atau yang juga dikenal dengan infeksi jamur hitam, jarang terjadi sebelum gelombang virus covid-19 kedua melanda India.

Baca Juga: Covid-19 Belum Usai, India Kembali Diserang Kasus Infeksi Jamur Hitam

Tanpa pengobatan dini, jamur hitam memiliki angka kematian 50%.

Para dokter bahkan terpaksa untuk mengangkat mata atau rahang pasien yang terinfeksi untuk menyelamatkan nyawanya.

Mukormikosis menyebabkan hidung menjadi hitam atau berubah warna, penglihatan kabur, nyeri dada, kesulitan bernapas dan batuk darah.

Dokter percaya bahwa penggunaan steroid untuk mengobati Covid-19 dapat menyebabkan infeksi karena obat tersebut mengurangi kekebalan dan menaikkan kadar gula.

Baca Juga: Kabar Duka Selimuti Dunia, India Pecahkan Rekor Kematian Covid-19 Harian Terbanyak, 4.295 Jiwa Meninggal

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Mirror


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x