Fenomena Gerhana Bulan Penumbra 30 November 2020 Teramati di Indonesia

- 29 November 2020, 10:56 WIB
Fenomena Gerhana Bulan Penumbra 30 November 2020 Teramati di Indonesia //Pixabay//adege

RINGTIMES BALI – fenomena astronomi kembali hadir menghiasi langit di Indonesia pada akhir November 2020. Fenomena indah berupa gerhana bulan penumbra ini akan terjadi pada senin, 30 November 2020.

Gerhana bulan ini merupakan gerhana keempat atau terakhir yang terjadi di sepanjang tahun 2020. Kabar baiknya, gerhana bulan penumbra (GBP) yang akan terjadi bisa diamati di wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir.

Sebelumnya, gerhana bulan penumbra telah terjadi pada tahun ini yaitu pada tanggal 11 januari, 6 juni, dan 5 juli lalu. Semua fenomena tersebut juga bisa diamati di wilayah Indonesia.

Baca Juga: 21 Juni 2020 Akan Terjadi Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Melansir dari BMKG, gerhana bulan adalah peristiwa yang terjadi akibat terhalangnya cahaya matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dari dinamisnya pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan.

Gerhana bulan ini hanya terjadi ketika fase bulan purnama. Namun tidak semua purnama dapat terjadi gerhana bulan. Hal itulah menyebabkan gerhana bulan tidak bisa terjadi setiap bulannya.

Begitu pula, salah satu macam gerhana bulan yaitu gerhana bulan penumbra terjadi ketika posisi Bulan, Matahari, dan Bumi tidak persis sejajar. Hal ini membuat bulan berada dan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi. Akibatnya ketika gerhana ini terjadi, bulan akan terlihat lebih redup ketika gerhana.

 Baca Juga: Hore, Shio Naga Diramal Bakal Raih Keberuntungan, Karir dan Rezeki di Akhir Tahun 2020

Badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) telah memberikan informasi melalui website resminya, bahwa gerhana bulan penumbra, 30 November 2020 ini merupakan anggota ke 58 dari 73 anggota pada seri saros 116.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: BMKG


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X