Tingkatkan Kemakmuran Santri, 10 Pesantren Tenaga Surya Dibangun di Jawa Tengah

- 7 Januari 2023, 15:00 WIB
Tingkatkan Kemakmuran Santri, 10 Pesantren Tenaga Surya Dibangun di Jawa Tengah.
Tingkatkan Kemakmuran Santri, 10 Pesantren Tenaga Surya Dibangun di Jawa Tengah. /Instagram/@ganjar_pranowo

RINGTIMES BALI - Untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat khususnya santri, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membangun 10 pondok pesantren Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pronowo mengatakan bahwa PLTS yang sudah lama dirintis ini adalah sebuah bentuk nyata komitmen dari inisiatif Central Java Solar Province.

Pembangunan PLTS di pesantren daerah Jateng tersebut bertujuan untuk meringankan biaya listrik hingga 50 persen. Anggaran listrik pun dialihkan untuk pemberdayaan ekonomi santri.

Baca Juga: Basuki Hadimuljono Resmikan Masjid Agung Dharmasraya Seluas 67.193 m2 di Sumatera Barat

Ganjar juga menambahkan bahwa pihaknya turut membantu sarana prasarana PLTS karena dinilai sangat bisa menekan biaya penggunaan listrik.

Memang salah satu masalah yang dihadapi dalam operasional penyelenggaraan pondok pesantren adalah komponen biaya listrik yang besar.

"Ke depannya, kita akan terus mengembangkan PLTS ini, menyasar sektor penyelenggaraan publik termasuk sekolah dan ponpes, agar dapat memanen energi gratis yang diberikan Tuhan untuk meningkatkan kemakmuran rakyat" ungkapnya dikutip dari Instagram @ganjar_pranowo Sabtu 7 Januari 2023.

Baca Juga: Jadikan Destinasi Menarik, Forkom Desa Wisata Bali Gencarkan Pengelolaan 238 Desa

Ia pun mengambil contoh di Pesantren Tanbihul Ghofilin, Desa Mantrionam, Kecamatan Bawang, Banjarnegara dimana PLTS tersebut dirasakan sekali manfaatnya. Mulai dari untuk penerangan hingga dapat menyalakan pompa. Pembayaran listriknya pun menjadi relatif murah.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x