UNICEF Tekankan Imunisasi Lengkap dan Perilaku Hidup Bersih Guna Cegah Hepatitis Akut  

- 10 Mei 2022, 14:24 WIB
Ilustrasi. Kepala UNICEF wilayah Sulawesi dan Maluku Henky Widjaja, PhD tekankan akan pentingnya imunisasi dasar lengkap hepatitis akut dan PHBS
Ilustrasi. Kepala UNICEF wilayah Sulawesi dan Maluku Henky Widjaja, PhD tekankan akan pentingnya imunisasi dasar lengkap hepatitis akut dan PHBS /Pixabay/PublicDomainPictures/

RINGTIMES BALI – Kepala Kantor Perwakilan Dana Anak-anak PBB (UNICEF) Wilayah Sulawesi dan Maluku Henky Widjaja, PhD tekankan tentang pentingnya imunisasi dasar lengkap dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai bentuk dan upaya pencegahan penyakit hepatitis akut.

Kepala UNICEF Sulawesi Maluku tersebut mengatakan bahwa cakupan imunisasi dasar lengkap harus didorong untuk anak-anak, yang salah satunya merupakan vaksin pencegahan hepatitis dan membiasakan PHBS.

Tidak hanya imunisasi, namun juga pemenuhan gizi juga dinilai berperan penting untuk mencegah hepatitis.

Baca Juga: Pemkot Denpasar Gencarkan Persiapan Lahan TPST Tahura Suwung Jelang G20

Maka dari itu, makanan bergizi dan pola PHBS akan dapat membantu meningkatkan imun tubuh dan mencegah penularan penyakit.

Secara umum, hepatitis terjadi karena adanya virus yang menular melalui saluran pernapasan dan pencernaan.

“Hingga saat ini dampaknya bisa fatal karena prosesnya cepat maka sering lambat disadari dan ditangani,” katanya pada Senin, 9 Mei 2022 dikutip dari Antara.

Baca Juga: Datang ke Pantai Kuta, Wapres Ma'ruf Amin Lepas Tukik Bareng Istri

Saat ini, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan arahan untuk waspada dan melakukan pencegahan pada penyebaran virus hepatitis ke seluruh tingkatan.

Menurut Henky, ditengah perkembangan teknologi penting akan kesadaran pencegahan berita palsu tentang hepatitis yang dianggap justru berimbas negatif pada faktor-faktor pencegahan, sehingga membuat masyarakat tidak percaya dengan imunisasi/vaksin.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x