Covid 19: Sekolah Online dari Perspektif dan Penjelasan Guru Desa Sungai Nibung Bikin Miris

- 31 Maret 2022, 19:05 WIB
Simak penjelasan dari perspektif seorang guru tentang dampak postif dan negatif dari sekolah online di desa.
Simak penjelasan dari perspektif seorang guru tentang dampak postif dan negatif dari sekolah online di desa. /Instagram.com/graceidabalok

RINGTIMES BALI - Dunia saat ini berada di bawah tekanan dari pandemi Covid-19. Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dan diprediksi akan terpengaruh secara signifikan dalam jangka waktu yang lebih diberbagai aspek termasuk pendidikan.

Pandemi ini mendorong beberapa pemerintah di Indonesia menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membatasi kegiatan publik, termasuk kegiatan ekonomi, pendidikan, dan kegiatan sosial lainnya.

Pada hari Kamis, 31 Maret 2022, saya melakukan liputan berita dengan mewawancarai seorang guru di desa Sungai Nibung, Kec. Dente Teladas, Kab. Tulang Bawang, Lampung, secara online melalui video call dengan aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Download Lagu Thank U, Next Dari Ariana Grande Format MP3 MP4 Beserta Lirik

Guru yang bernama Harmanenta Sitepu, S.Pd ini merupakan seorang tenaga pendidik di SMP Putra Jaya yang berada di desa Sungai Nibung, dengan rata-rata penduduknya yang bekerja sebagai petani, peternak dan pedagang.

Desa Sungai Nibung adalah daerah yang juga terkena dampak dari pandemi Covid-19.

Sekolah dimana Harmanenta mengajar juga menerapkan pembelajaran daring mengikuti aturan pemerintah seperti layaknya sekolah-sekolah lain.

Menurut narasumber, pembelajaran online di sekolah tersebut masih belum efektif dan memiliki banyak kekurangan dalam proses belajar mengajar.

Baca Juga: Download Lagu Stay dari Justin Bieber Feat The Kid Laroi Format MP3 MP4 Beserta Lirik

Sang guru yang sudah puluhan tahun mengabdi menjadi guru di desa tersebut menyebutkan beberapa tantangan dan kesulitan yang ia hadapi selama mengajar secara online berikut:

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x