Update Kasus Aktif Covid-19 3 Februari 2022, Tembus 27 Ribu, Rekor Tertinggi Omicron di Indonesia

- 4 Februari 2022, 14:35 WIB
Update Kasus Aktif Covid-19 3 Februari 2022, Tembus 27 Ribu.
Update Kasus Aktif Covid-19 3 Februari 2022, Tembus 27 Ribu. /PIXABAY/qimono/

RINGTIMES BALI – Kasus aktif Covid-19 di Indonesia per 3 Februari 2022 mencapai angka 27.197. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sejak diumumkannya temuan kasus terkonfirmasi varian Omicron.

Dokter Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa virus corona (SARS-Cov-2) varian Omicron memiliki karakteristik tingkat penularan yang sangat cepat.

Varian Omicron diketahui memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan varian Alpha, Beta, dan Delta.

Baca Juga: Download Lagu Cinta Sejati - BCL, Mudah dan Gratis, Tinggal Klik

Oleh karena itu, penyebaran kasus Covid-19 akibat varian ini membawa pengaruh terhadap lonjakan kasus di Indonesia.

Walaupun tingkat penularannya tinggi, varian Omicron ternyata memiliki dampak berupa gejala yang lebih ringan dan tingkat kesembuhan yang tinggi terhadap pasien terkonfirmasi Covid-19.

"Pasien yang masuk rumah sakit, 85 persen sudah sembuh. Sedangkan, yang kasusnya berat, kritis, hingga membutuhkan oksigen sekitar 8 persen," ungkap dr Nadia di Kantor Kemenkes, Jumat, 4 Februari 2022, seperti yang dikutip dari laman resmi kemkes.go.id.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 7 Halaman 97, Aktivitas 4.5 Keberagaman Antargolongan di Sekitar Peserta Didik

Pihak Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa bagi pasien isoman (pasien terkonfirmasi Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri), selama saturasi oksigennya di atas 95 persen maka tidak perlu khawatir. Jika mempunyai gejala seperti batuk, flu, dan demam maka harus segera konsultasi melalui telemedicine atau ke Puskesmas setempat.

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/4641/2021 tentang Panduan Pelaksanaan Pemeriksaan, Pelacakan, Karantina, dan Isolasi dalam Rangka Percepatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 terdapat lima derajat gejala COVID-19, antara lain sebagai berikut :

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x