Waspada Cuaca Ekstrem Diprediksi Hantam Indonesia hingga 9 Desember

- 6 Desember 2021, 12:51 WIB
BMKG memprediksi Indonesia berada dalam cuaca buruk hingga 9 Desember
BMKG memprediksi Indonesia berada dalam cuaca buruk hingga 9 Desember /Pixabay/

RINGTIMES BALI – Dalam siaran pers yang diterbitkan oleh BMKG di Jakarta pada 3 Desember 2021, disampaikan bahwa cuaca ekstrem diprediksi masih akan menghantam sejumlah wilayah di Indonesia hingga 9 Desember mendatang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewanti-wanti pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi curah hujan di atas normal.

“Sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki periode hujan. Dengan indikasi aktifnya fenomena La Nina pada periode musim hujan ini, maka kewaspadaan terhadap potensi peningkatan curah hujan di atas normal harus lebih ditingkatkan,” ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Jakarta pada Jumat 3 Desember 2021.

 Baca Juga: Banjir Melanda Sejumlah Titik di Bali, Diperkirakan Cuaca Buruk Masih Berlanjut

Dwikorita menjelaskan bahwa kini Siklon Tropis Nyatoh masih berada di wilayah Samudera Pasifik Barat sebelah timur Filipina dengan intensitas yang masih kuat hingga 24 jam ke depan.

Sementara, bibit Siklon 94W yang berada di sekitar Teluk Benggala dalam periode 24 jam ke depan masih bergerak ke arah barat laut.

"Sistem Siklon Nyatoh dan Bibit 94W ini posisinya semakin menjauhi wilayah Indonesia, sehingga dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia menjadi tidak signifikan. Meskipun begitu, dampak terhadap potensi gelombang tinggi 2.5 - 4.0 meter (Rough Sea) masih perlu diwaspadai di beberapa wilayah perairan," tuturnya.

 Baca Juga: Badung Diserang Hujan Lebat, Berikut Titik Banjir dan Prakiraan Cuaca Terkini

Dengan semakin menjauhnya Siklon Nyatoh dan Bibit 94W dari wilayah Indonesia, maka kondisi tersebut membuka peluang terhadap peningkatan aliran massa udara yang cukup intens dari wilayah Laut China Selatan ke arah selatan memasuki wilayah atmosfer Indonesia.

Hal ini mengakibatkan sejumlah wilayah akan memiliki curah hujan yang tinggi.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x