Warga Korea Utara Patah Hati, Kim Jong Un Muncul ke Publik dalam Kondisi Kurus Setelah Satu Bulan Off

- 28 Juni 2021, 16:53 WIB
Warga Korea Utara patah hati,  presiden mereka Kim Jong Un muncul ke publik dalam kondisi kurus setelah satu bulan off.
Warga Korea Utara patah hati, presiden mereka Kim Jong Un muncul ke publik dalam kondisi kurus setelah satu bulan off. /Instagram/@kimjongun_official_dprk

RINGTIMES BALI - Presiden Korea Utara Kim Jong Un hampir sebulan penuh tidak pernah muncul ke publik.

Hal ini tentu saja mengundang spekulasi dari berbagai pihak, sebagaimana diketahui media pemerintah di Korea Utara dikontrol dengan ketat.

Mengutip seorang warga Pyongyang yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa semua orang di Korea Utara patah hati setelah melihat gambar Kim tampak 'kurus' .

Baca Juga: Kisah Pria 40 Tahun asal Brazil Selamat dari Kondominium Runtuh di Florida Berkat Pacarnya

Penyebutan yang jarang terjadi di media pemerintah Korea Utara tentang kesehatan pemimpin Kim Jong Un dapat dimaksudkan untuk mencegah spekulasi dan memainkan pengorbanan bersama di tengah kekurangan pangan, kata para analis.

Ketika Kim muncul kembali pada awal Juni di media pemerintah setelah tidak terlihat di depan umum selama hampir sebulan.

Wajah terlihat lebih kurus dan tali jam tangan mewahnya lebih ketat di usianya yang ke 37 tahun. Beberapa pengamat memperkirakan bahwa ia mungkin telah kehilangan hingga 44 pon. Kim, yang tingginya 5 kaki 8, sebelumnya memiliki berat 308 pon.

Spekulasi mengenai kesehatan seorang pemimpin yang memegang pegangan besi di Korea Utara pun beredar.

Baca Juga: Sungai Gangga di India Kini Jadi Kuburan Covid-19, Banyak Mayat Bergelimpangan

"Jika pengamat luar mengetahui perubahan penampilan Kim, Anda bisa bertaruh bahwa rakyat Korea Utara juga menyadarinya, dan lebih cepat," kata Christopher Green, spesialis Korea di Universitas Leiden di Belanda dilansir dari Reuteurs.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x