India Deteksi Kasus Pertama Infeksi Jamur Hitam pada Anak Berusia 13 Tahun

- 22 Mei 2021, 19:46 WIB
Ilustrasi anak yang menjadi pasien pertama infeksi Jamur Hitam di India
Ilustrasi anak yang menjadi pasien pertama infeksi Jamur Hitam di India /PIXABAY/Bessi

RINGTIMES BALI – Mucormycosis merupakan infeksi jamur invasif pada sinus, menyerang pasien yang sembuh dari Covid.

Infeksi ini telah muncul sebagai perhatian utama pihak pemerintah India yang mendeteksi beberapa kasus setiap harinya ketika mereka mengalami kekurangan obat-obatan untuk menyembuhkan infeksi tersebut.

Saat ini India telah mendeteksi kasus pertama jamur hitam pada anak berusia 13 tahun. Seorang anak berusia 13 tahun dari Gujarat's Ahmedabad, yang telah pulih dari Covid-19, dikatakan telah didiagnosis dengan jamur hitam.

“Anak laki-laki ini datang kepada kami lebih awal dengan gejala Covid-19, dan setelah pengujian, dia ditemukan positif terkena virus. Dia sembuh setelah dirawat sesuai protokol,” ujar dokter anak Dr Abhishek Bansal dikutip Ringtimesbali.com dari India Today.

“Namun, tak lama setelah dipulangkan, dia mengeluh sakit gigi dan infeksi di bawah langit-langit mulut. Ternyata itu mukormikosis,” sambungnnya.

Baca Juga: Covid-19 Belum Usai, India Kembali Diserang Kasus Infeksi Jamur Hitam

Dr Abhishek Bansal menambahkan bila anak tersebut harus dioperasi untuk, langit-langit sisi kanan dan giginya harus dicabut, dan dia sekarang dalam pengobatan.

Mucormycosis, juga dikenal sebagai jamur hitam, adalah infeksi jamur, terutama menyerang orang yang sedang minum obat untuk masalah kesehatan lain yang mengganggu kemampuannya untuk melawan infeksi lain.

Hal Ini dapat menyebabkan hilangnya rahang atas, dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyerang mata. Spora jamur yang dihirup dari udara mempengaruhi sinus orang-orang tersebut.

Baca Juga: Kabar Duka Selimuti Dunia, India Pecahkan Rekor Kematian Covid-19 Harian Terbanyak, 4.295 Jiwa Meninggal

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: India Today


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x