Infeksi Jamur Hitam Kian Meluas di India, Pemerintah Targetkan Penambahan Bangsal Khusus

- 22 Mei 2021, 17:27 WIB
Infeksi jamur hitam yang menyerang India telah menyebar luas sehingga pemerintah targetkan penambahan bangsal di RS khusus.
Infeksi jamur hitam yang menyerang India telah menyebar luas sehingga pemerintah targetkan penambahan bangsal di RS khusus. /PIXABAY/Bru-nO


RINGTIMES BALI -
India saat ini tengah memerangi kasus Covid-19. Namun, ditengah hal tersebut India juga dikabarkan tengah dilanda kasus infeksi jamur hitam.

Sehingga untuk mengekfektifitaskan pengobatan, bangsal rumah sakit khusus akan didirikan di ibu kota India, New Delhi, untuk mengatasi penyakit jamur hitam yang terus menyebar.

Rencana itu diungkapkan pihak berwenang di India pada Kamis 20 Mei 2021 ketika kasus jamur hitam yang mengancam nyawa melonjak di antara para pasien virus covid-19 India.

Baca Juga: Covid-19 Belum Usai, India Kembali Diserang Kasus Infeksi Jamur Hitam

Mereka mengatakan, jamur hitam yang nama medisnya Mucormycosis atau Mukormikosis ini sekarang berjumlah ribuan kasus.

Kemudian beberapa dokter mengungkapkan, tingginya penggunaan steroid untuk mengobat Covid-19 di India menyebabkan lonjakan kasus jamur hitam.

Dilansir Ringtimesbali.com dari AFP, jamur hitam India membunuh lebih dari 50 persen penderitanya dalam beberapa hari.

Dalam beberapa kasus, mata dan rahang atas pasien diangkat oleh dokter bedah untuk menghentikan penyebaran infeksi jamur hitam.

Baca Juga: Kabar Duka Selimuti Dunia, India Pecahkan Rekor Kematian Covid-19 Harian Terbanyak, 4.295 Jiwa Meninggal

Kepala Menteri New Delhi Arvind Kejriwal berujar, bangsal khusus akan didirikan di tiga rumah sakit untuk menangani peningkatan jumlah kasus jamur hitam India.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x