8 Faktor Risiko Kanker Paru-paru, Merokok Faktor Utamanya

- 21 November 2020, 11:45 WIB
Ilustrasi Merokok. /Pixabay.com/zaur

RINGTIMES BALI – kanker adalah tumor atau benjolan ganas yang mengalami pertumbuhan secara abnormal dari sel tubuh karena sebab-sebab tertentu sehingga berubah menjadi sel kanker.

Sel kanker yang telah berkembang secara pesat (abnormal), semakin lama akan membentuk benjolan dan membesar. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan fatal di tempat berkembangnya sel kanker.

Sel kanker ini menjalar dari tempat awal sel tersebut berkembang ke daerah di sekitarnya, bahkan juga dapat bergerak mengikuti aliran darah dan pembuluh getah bening.

Baca Juga: Waspadai 5 Gejala ini, Paru-paru Anda Mungkin Sedang Bermasalah

Terdapat sejumlah faktor yang meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Meskipun beberapa faktor dapat dikendalikan, namun beberapa faktor lainnya tidak dapat dikendalikan diantaranya:

  1. Merokok (Perokok aktif)

Faktor risiko terbesar kanker paru-paru adalah merokok. Ketika menghirup asap tembakau, kandungan bahan kimia ini akan masuk langsung ke paru-paru dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

Tumbuhan tembakau mengandung ribuan zat beracun. Diketahui bahwa tembakau mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia dan 70 bahan kimia diantaranya diketahui dapat menyebabkan kanker.

Baca Juga: Ketahui Jenis Paru-paru Bocor, Begini Gejala dan Penyebabnya

  1. Perokok pasif

Perokok pasif adalah orang yang terkena paparan asap rokok orang lain tanpa merokok. Perokok pasif ini juga berpotensi terserang kanker paru-paru akibat dampak paparan zat karsiogenik yang masuk ke paru-paru.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Boldsky, healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X