Waspadai 5 Gejala ini, Paru-paru Anda Mungkin Sedang Bermasalah

- 20 November 2020, 20:20 WIB
Gambar organ paru-paru manusia. /Pixabay

RINGTIMES BALI – paru-paru adalah salah satu organ vital yang membantu dalam proses pernapasan. Faktor risiko penyebab penyakit ini bisa berasal dari faktor lingkungan ataupun pola kebiasaan hidup yang buruk.

Karena beberapa faktor risiko tersebut akan dapat menimbulkan gejala-gejala yang dapat bermasalah bagi paru-paru. Meski diawal tidak begitu jelas kelihatannya, namun seiring perkembangannya gejala yang timbul juga akan makin tampak jelas.

Berikut merupakan gejala-gejala yang harus diwaspadai kemungkinan menandakan paru-paru sedang bermasalah yaitu:

Baca Juga: Mudah Didapat, Berikut 5 Bumbu Dapur untuk Penyakit Paru-Paru

  1. Sesak napas

Apabila setelah melakukan aktivitas tertentu terasa sulit dan tidak dapat menarik napas dalam-dalam atau terengah-engah, hal ini bisa menjadi tandanya.

Kemungkinan gejala yang timbul bisa menyebabkan penyakit paru obstrukstif kronis atau bahkan anemia sedang menyerang tubuh. Selain itu, fungsi paru-paru yang terganggu bisa menyebabkan pneumonia atau bronkitis.

  1. Batuk (mengi)

Batuk yang menyerang kita, bisa diakibatkan karena flu ataupun iritasi saluran pernapasan. Namun hal perlu diperhatikan, batuk secara terus-menerus hingga lebih dari dua minggu bisa menjadi tanda bahwa paru-paru sedang bermasalah.

Baca Juga: Asma Kambuh, Resep Ekonomis dari Ramuan Bumbu Dapur Ini Dapat Mengatasinya

Penyebab lain dari batuk atau mengi adalah asma yang menyerang orang dewasa. Menurut Asthma and Allergy Association of America, secara umum, gejala asma dapat berupa batuk kering, mengi, sesak napas, dan masuk angin yang sepertinya tidak kunjung sembuh.

Batuk yang terjadi di malam hari bisa jadi salah satu tanda penyakit asma. Tanpa perawatan yang tepat, asma dapat merusak saluran udara. Perlu diketahui, ada juga penyebab lain dari batuk malam hari seperti GERD (asam lambung), infeksi virus, dan alergi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: thehealthy


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X