Planet Mars Semakin Dekat dengan Bumi,Bisa Dilihat Tanpa Teleskop, Ternyata Tidak Berbahaya

- 7 Oktober 2020, 14:55 WIB
Planet Mars Semakin Dekat dengan Bumi,Bisa Dilihat Tanpa Teleskop, Ternyata Tidak Berbahaya /Pikiran-rakyat.com

RINGTIMES BALI - Pada 6 Oktober 2020 diketahui Mars berada pada posisi yang sangat dekat dengan Bumi.

Mars hanya berjarak 62,1 juta kilometer dari Bumi. Ini adalah jarak terdekat Mars dengan Bumi dalam 15 tahun kedepan, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa 6 Oktober 2020. Planet Mars akan bisa dinikmati dengan atau tanpa teleskop.

Mars akan berada di titik terdekatnya pada pukul 14 UTC atau 21:00 WIB. Mars akan terlihat berbentuk merah nan gemerlap di sebelah timur setiap malam dan di barat sebelum fajar.

Apakah fenomena ini membahayakan Bumi? Ternyata tidak, Bumi dan Mars memiliki orbit yang sedikit elips. Inj yang membuat Bumi dan Mars bisa sangat dekat satu sama lain tetapi tidak bertabrakan. 

Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars berada paling dekat dengan Matahari (perihelion). Pada titik ini, jarak keduanya paling sedikit 54,6 juta kilometer. Konfigurasi ini disebut oposisi dan terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Mars yang mendekati Bumi pulalah jadi salah satu alasan Amerika Serikat (AS), China, Uni Emirat Arab (UEA) pada Juli dan Agustus lalu meluncurkan misi ke Mars.  Dengan memanfaatkan fenomena alam ini maka jarak tempuh dari Bumi ke Mars semakin singkat.

Prediksi jarak Mars ke Bumi terdekat akan terjadi pada 2029 dengan puncaknya pada 2035 dengan jarak 56,9 juta kilometer.

Sebagaimana dikutip RINGTIMES BALI dalam postingan yang diunggah akun instagram @punapibali pada 6 Oktober 2020.***

Editor: I GA Putu Yuliani Dewi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X