UPDATE: Amerika Selatan Jadi Episentrum Baru Covid-19 Dunia, Brasil Paling Parah

- 23 Mei 2020, 11:30 WIB
Ilustrasi COVID-19.* /PIXABAY/

RINGTIMES - Amerika Selatan telah menjadi pusat baru pandemi COVID-19 dengan Brasil yang paling kena dampak terparah.

Sementara kasus meningkat di beberapa negara Afrika yang sejauh ini memiliki angka kematian yang relatif rendah, demikian diumumkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Jumat, 22 Mei 2020 waktu Jenewa.

“Pandemi COVID-19 hari ini mencapai tonggak sejarah di Afrika, dengan lebih dari 100.000 kasus dikonfirmasi. Virus itu sekarang telah menyebar ke setiap negara di benua itu sejak kasus pertama dikonfirmasi di wilayah itu 14 minggu lalu,” kata sebuah pernyataan resmi WHO.

Di Afrika, seperti dilaporkan Reuters, WHO mencatat ada 3.100 kematian.

Baca Juga: Patah Hati Ketahui Pacar Selingkuh, Wanita di Tiongkok Kirim 1000 Kilogram Bawang Merah

"Untuk saat ini COVID-19 telah membuat pendaratan yang lembut di Afrika, dan benua itu telah terhindar dari tingginya jumlah kematian yang telah menghancurkan wilayah lain di Afrika,” kata Matshidiso Moeti, direktur regional WHO untuk Afrika, yang berasal dari Botswana.

Meski begitu, pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak terlena dan berpuas diri, hal itu dikarenakan sistem kesehatan di Afrika masih belum kuat.

Sekitar setengah dari negara-negara Afrika mengalami penularan virus oleh komunitas, kata WHO.

Situasi di Amerika Selatan tampak lebih suram. Mike Ryan, pakar darurat darurat WHO, yang berbicara lebih awal di konferensi pers, mengatakan: "Dalam arti tertentu, Amerika Selatan telah menjadi pusat gempa baru untuk penyakit ini."

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X