Shin Tae Yong Bongkar Taktik Tumbangkan Harimau Malaya, 'Jangan Panik, Tetap Main Seperti Biasa'

- 20 Desember 2021, 11:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong ungkap rahasia keberhasilan hadapi Malaysia.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong ungkap rahasia keberhasilan hadapi Malaysia. /Dok. PSSI/

RINGTIMES BALI – Shin Tae Yong bongkar taktik tumbangkan Harimau Malaya. Indonesia berada di puncak klasemen dengan total poin 10 di atas Vietnam pasca keberhasilan melawan Harimau Malaya dengan perolehan skor 4-1.

Kemenangan yang ditorehkan pada laga melawan Malaysia menjadikan Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal dan nantinya akan menghadapi Timnas Singapura. 

Dilansir dari Tommy Desky pada 20 Desember 2021, berikut review taktik yang digunakan coach Shin Tae Yong pada laga kemarin malam: 

Baca Juga: Nasihat Shin Tae Yong Jelang Pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2020

Di pertandingan semalam, pelatih Shin Tae Yong mengungkap rahasia Indonesia bisa berbalik unggul 4-1 mengalahkan Timnas Malaysia.

“Pesan saya ke anak-anak untuk permainan kali ini sebelum pertandingan adalah, jika kita tertinggal terlebih dahulu, maka jangan panik, tetap terus bermain seperti biasa. Saya pernah mengalami hal seperti ini, tertinggal terlebih dahulu di tahun 2017 karena Korea vs Jepang saat saya menjadi pelatih kepala Korea. Pada saat itu saya tertinggal 0-1 menghadapi Jepang, kemudian saya membalikkan keadaan menjadi menang 1-4. Intinya, jangan panik dan tetap main seperti biasa!” ujar Shin Tae Yong yang dikutip dari Tommy Desky pada 20 Desember 2021.

Shin Tae Yong sangat menekankan kepada para pemain tentang pentingnya mental yang kuat. Ia memberikan contoh ketika menjadi pelatih Timnas Korea saat menghadapi Timnas Jepang tahun 2017.

 Baca Juga: Media Malaysia Ungkap 3 Kekuatan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Tak Hanya Mental Kuat

Prinsip yang ia berikan kepada anak asuhnya di Korea, ia terapkan di Timnas Garuda dan bisa diserap dengan baik oleh para pemain Indonesia.

Seperti yang terjadi pada laga semalam di mana Indonesia tertinggal satu skor dari Malaysia yang berhasil menciptakan tendangan luar biasa dari luar kotak pinalti dari kesalahan clearance yang dilakukan oleh Irfan Jaya hingga menghasilkan gol.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah