NASA Prediksi Asteroid Baru Hantam Bumi pada Februari 2046

- 13 Maret 2023, 10:30 WIB
Asteorid baru yang ditemukan NASA diprediksi menabrak bumi pada 2046.
Asteorid baru yang ditemukan NASA diprediksi menabrak bumi pada 2046. /Dok. NASA

RINGTIMES BALI - NASA mengklarifikasi temuan barunya, sebuah asteroid seukuran kolam renang olimpiade mendekati Bumi dalam tempo 23 tahun kemudian. 

NASA memprediksi asteroid yang baru ditemukan itu bisa menabrak Bumi pada Hari Valentine 23 tahun lagi, yakni tahun 2046.

Meski demikian, para astronom NASA mayoritas memperkirakan risiko dan dampak tabrakan asteroid ini sangat kecil.

Dalam klarifikasi terbarunya, Kantor Koordinasi Pertahanan Planet NASA mengatakan bahwa asteroid yang dijuluki 2023 DW itu memiliki peluang yang sangat kecil untuk menabrak Bumi.

Baca Juga: Korea Utara Siaga Satu Pencegahan Perang, Imbas Latihan Militer Terbesar Amerika-Korea Selatan

Konfirmasi NASA itu berdasar penilaian dari ahli-ahli terkait di berbagai negara, koordinasi dengan tim di Stasiun Internasional Antariksa di Luar Angkasa.

Sejak beberapa dekade, penelitian asteroid menjadi satu poin prioritas bagi NASA, dan rencana mitigasi untuk mencegah salah satu dari ribuan asteroid sudah disiapkan.

Bahkan, rencana mitigasi seperti peluncuran roket untuk menabrak asteroid di titik yang sudah ditentukan dengan tujuan membelokkan garis edar asteroid dari bumi ke arah planet lain.

NASA masih meneliti asteroid ini dan para analis orbit akan terus memantau objek tersebut. Update prediksi mereka dilaksanakan lebih banyak ketika informasi baru tersedia.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: RT


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x