Cuaca Ekstrim Sebabkan Banjir di Lombok, 404 KK Terdampak, Tidak Ada Korban Jiwa

- 6 Desember 2021, 20:38 WIB
Cuaca ekstrim sebabkan banjir di Lombok, 404 KK terdampak, tidak ada korban jiwa.
Cuaca ekstrim sebabkan banjir di Lombok, 404 KK terdampak, tidak ada korban jiwa. /Dok. BPBD/Dok. BPBD-

RINGTIMES BALI – Sebanyak 404 KK terdampak banjir di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin, 6 Desember 2021 pukul 07:00 waktu setempat.

Hingga laporan ini dirilis oleh BNBP, tidak ada korban jiwa atau warga yang mengungsi akibat genangan banjir tersebut.

Cuaca ekstrem memicu hujan lebat yang mengguyur di wilayah Lombok Barat, sehingga mengakibatkan banjir di Desa Ranjok, Kecamatan Gunung Sari. Air hingga kini masih menggenangi desa tersebut dengan tinggi muka air sekitar 50-100 cm.

Baca Juga: Sejumlah Pihak Gerak Cepat Bantu Proses Evakuasi Korban Banjir di Bali

Badan Penanggulangan Bencana Daedah (BPBD) Kabupaten Lombok barat melaporkan banjir tidak menyebabkan gangguan, seperti di sektor ekonomi, pendidikan, dan komunikasi.

Masyarakat dan pemerintah daerah diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap kondisi cuaca di wilayah NTB. Berdasarlan peringatan dini BMKG.

Pada Senin 6 Desember 2021, wilayah NTB perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Baca Juga: Sejumlah Titik di Bali Terendam Banjir, Warga Lakukan Aksi Mancing dan Berenang

Beberapa wilayah di NTB yang terdampak banjir tersebut yaitu Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu. Masyarakat di wilayah ini diimbau untuk waspada dan siap siaga.

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar memperhatikan kondisi perairan atau gelombang laut yang dapat mencapai 2 m atau lebih di Selat Lombok bagian utara dan selatan, dan beberapa wilayah lainnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x