Gempa 7,5 SR Guncang Peru, Geologi AS: Tidak Berpotensi Tsunami

- 29 November 2021, 12:50 WIB
Gempa 7,5 SR di Peru 28 November 2021
Gempa 7,5 SR di Peru 28 November 2021 /Twitter.com/@EarthQuakesTime

RINGTIMES BALI – Gempa bumi dikabarkan mengguncang Peru pada hari minggu kemarin dengan kekuatan magnitude mencapai 7,5 Skala Richter.

Gempa ini dikabarkan tidak menimbulkan gempa bumi karena kedalaman pusat gempa yang sangat dalam dan tidak mengganggu palung laut di sekitarnya.

Gempa berkekuatan besar ini mengguncang Peru sebelah utara dengan dilaporkan merusak beberapa fasilitas dan beberapa orang terluka karena gempa ini.

 Baca Juga: Gempa Peru Berkekuatan 7,5 SR Hancurkan Gereja Berusia Berabad-abad

Gempa tersebut terjadi di wilayah yang memiliki kepadatan penduduk yang rendah dan dekat dengan hutan hujan Amazon. Dikutip dari Independent pada Selasa 29 November 2021.

Pusat Gempa ini jaraknya sekitar 45 kilometer barat laut dari kota Barranca sehingga korban yang berjatuhan sedikit.

Kombinasi antara kedalaman gempa dan lokasi yang memiliki penduduk yang tidak padat menyebabkan sedikit dampak yang diberikan oleh gempa ini.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 7,5 SR Guncang Peru pada 28 November 2021, Banyak Bangunan Rubuh termasuk Gereja

Meskipun memiliki kekuatan yang termasuk besar yakni 7,5 SR, gempa ini memberikan dampak yang sedikit tetapi gempa ini menghasilkan getaran yang luas sehingga mencapai beberapa kilometer jauhnya.

Negara tetangga dari Peru seperti Ekuador dan Kolombia melaporkan merasakan gempa tersebut namun dengan intensitas yang lebih rendah.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Independent


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x