Gempa Bumi Tektonik M3,5 Kembali Guncang Karangasem, Bali

- 29 Oktober 2021, 06:00 WIB
Gempa Bumi Tektonik M3,5 Kembali Guncang Karangasem, Bali
Gempa Bumi Tektonik M3,5 Kembali Guncang Karangasem, Bali /BMKG Bali/

RINGTIMES BALI - Gempa Bumi Tektonik M3,5 Kembali Guncang Karangasem, Bali hari ini. Simak di artikel.

Pasca gempa bumi yang menyita perhatian publik karena mengakibatkan kerusakan yang parah beberapa waktu lalu di Karangasem dan Trunyan, Bangli Bali, kabupaten Karang asem kembali diguncang gempabumi Tektonik hari ini Jumat 29 Oktober 2021 sekira pukul 03. 32 wita dini hari.

Dilaporkan berdasarkan hasil analisa BMKG (Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika) menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=3,5.

Baca Juga: Pulau Bali Diguncang Gempa Kuat Magnitudo 4,8 Sabtu Dini Hari, Terasa hingga Lombok

Episenter terletak pada koordinat 8,19° LS; 115,51° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km barat laut Karangasem, Bali pada kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Rahardjo mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif di laut.

Ia melanjutkan, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kubu Karangasem II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Baca Juga: Dampak Gempa Bali 4,8 SR, Akses Jalan Tertutup, Satu Keluarga Tertimbun Longsor di Trunyan Bangli

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tegasnya dalam keterangan resminya Jumat 29 Oktober 2021.

Hingga pukul 6:20 wita lanjutnya hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x