Indonesia Masuki Musim Kemarau, Curah Hujan di Bali Merendah

- 24 April 2023, 23:43 WIB
Ilustrasi kemarau.
Ilustrasi kemarau. /Antara/Noveradika/

RINGTIMES BALI - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan beberapa wilayah Indonesia tengah memasuki musim kemarau pada akhir April 2023 ini.

"Berdasarkan jumlah zona musim, wilayah tersebut meliputi Aceh bagian timur, Sumatera Utara bagian timur, Riau bagian selatan, sebagian kecil Nusa Tenggara, Gorontalo bagian selatan, Sulawesi Tengah bagian timur, Sulawesi Selatan bagian timur, Sulawesi Tenggara bagian selatan, sebagian Kepulauan Maluku, dan sebagian Maluku Utara," ungkap Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Dodo Gunawan, Senin 24 April 2023.

Lebih lanjut Dodo menyampaikan akibat dari perubahan musim ini, beberapa wilayah yang sebelumnya mengalami curah hujan tinggi, diprediksi mengalami penurunan curah hujan kategori rendah hingga sedang.

"Yaitu di wilayah Bali, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Papua Barat dan Papua, serta sebagian Sumatera, dan sebagian kecil Maluku Utara dan Maluku," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Wilayah Badung Bali Selasa, 25 April 2023: Cek Persyaratan dan Biaya Disini

Sementara menurutnya untuk wilayah Jawa Barat bagian barat dan selatan, serta Flores Barat, Kupang, Sulawesi Selatan bagian utara, diperkirakan tetap mengalami hujan kategori tinggi hingga sangat tinggi.

Selain itu dia menyebutkan akhir-akhir ini Indonesia juga dilanda suhu panas yang cukup ekstrim di beberapa daerah.

"Suhu panas ekstrem ini juga melanda negara-negara Asia sepekan terakhir, tetapi Indonesia tidak mengalami gelombang panas, hanya suhu maksimum udara permukaan yang tergolong panas," ujar Dodo Gunawan.

Penyebab terjadinya suhu panas ini menurutnya, diakibatkan oleh dinamika atmosfer yang tak biasa, lalu suhu panas periode bulan April di wilayah Asia Selatan yang juga dipengaruhi gerak semu matahari, dan intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah mengakibatkan kurangnya tutupan awan.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x