Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 'Super Blood Moon', Berikut Waktu Melihat untuk Daerah Bali

- 25 Mei 2021, 20:26 WIB
Balai Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) Bali melaporkan adanya peristiwa gerhana bulan pada Rabu esok 26 Mei 2021.
Balai Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) Bali melaporkan adanya peristiwa gerhana bulan pada Rabu esok 26 Mei 2021. /instagram @bmkgbali/

RINGTIMES BALI - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya peristiwa gerhana bulan pada Rabu esok 26 Mei 2021.

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanaginya sinar matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Gerhana bulan total terjadi pada saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar. Hal ini terjadi pada saat bulan berada di umbra bumi, sehingga saat puncak gerhana bulan total terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah atau kita kenal dengan istilah blood moon.

Baca Juga: Vaksin AstraZeneca 'Makan Korban' di Denpasar Seorang Pria Meninggal, Ini Tanggapan Kadiskes Bali

Dikutip Ringtimesbali.com dari akun instagram @bmkgbali, dilaporkan mengacu pada posisi bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga disebut super moon.

Oleh karena itu, gerhana bulan total pada 26 Mei 2021 disebut super blood moon, karena terjadi pada saat bulan di perigee.

Di provinsi Bali gerhana bulan total dapat terlihat pada pukul 19.09 wita dan puncak gerhana pada puncak gerhana pada pukul 19.18 WITA, tulis BMKG.

BMKG Wilayah III akan melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021 di halaman kantor BBMKG Wilayah III Denpasar.

Baca Juga: Pesawat Batik Air Menabrak Garbarata di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Otban Lakukan Investigasi

Bagi masyarakat yang mau bergabung dalam pengamatan ini harap untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilisasi dan interaksi), imbau BMKG Bali.***

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x