Di Tengah Pandemi Covid-19, SpaceX Sukses Luncurkan Astronot ke Luar Angkasa

- 22 November 2020, 12:20 WIB
Di Tengah Pandemi Covid-19, SpaceX Sukses Luncurkan Astronot ke Luar Angkasa /ANTARA/Reuters/Thom Baur/

RINGTIMES BALI - Ini adalah misi pertama NASA yang mengirim kru ke orbit dengan pesawat ruang angkasa milik perusahaan swasta.

Penerbangan ke stasiun luar angkasa memakan waktu sekitar 27 setengah jam "dari pintu ke pintu" dan harus sepenuhnya otomatis, meskipun awak dapat mengambil kendali jika diperlukan. Sayangnya Elon Musk, CEO SpaceX, tidak menghadiri peluncuran karena COVID-19.

Sementara itu, Wakil Presiden Mike Pence melakukan perjalanan ke Pusat Antariksa Kennedy NASA untuk memulai rotasi kru reguler yang telah lama ditunggu-tunggu di atas kapsul yang dioperasikan dan dimiliki secara pribadi.

Baca Juga: Miller Tegaskan Kecepatan Ducati, Saksikan Pertarungan Pamungkas Nama-Nama Besar MotoGp di Portimao

Ini juga menandai kedua kalinya dalam hampir satu dekade para astronot diluncurkan ke orbit dari AS.

“Astronot yang terbang dengan misi operasional pertama Crew Dragon ke @Stasiun ruang angkasa: Mike Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi,” bunyi cuwitan @SpaceX pada 16 November 2020, seperti yang dikutip Ringtimesbali.com dari laman abc.net.au, Minggu, 22 November 2020.

Perjalanan menuju laboratorium yang mengorbit di luar angkasa, berada sekitar 400 km di atas Bumi, ini semula dijadwalkan dimulai pada Sabtu waktu setempat.

Baca Juga: Hits, Objek Wisata Lembah Indah Malang Jadi Incaran Wisatawan

Tetapi peluncuran itu ditunda selama satu hari karena perkiraan angin kencang yang akan membuat pendaratan kembali untuk tahap booster Falcon 9 yang dapat digunakan kembali menjadi sulit, kata pejabat NASA.

Awak yang dipimpin oleh Komandan Hopkins, seorang kolonel Angkatan Udara, termasuk fisikawan Shannon Walker.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: abc.net


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X