Cara Mengamankan WA Agar Tidak Disadap, Begini Caranya

- 21 November 2020, 17:10 WIB
Cara Mengamankan WA Agar Tidak Disadap, Begini Caranya /Pixabay/antonbe

RINGTIMES BALI - WhatsApp adalah salah aplikasi obrolan (chating) paling populer di dunia. Meskipun begitu ada sejumlah ancaman keamanan yang hadir memantau obrolan kita di aplikasi tersebut.

Ancaman berupa penyadapan, penipuan, atau ekpos data pribadi kita tanpa izin sering terjadi. Meskipun Whatsapp telah memberikan proteksi, tetapi hal-hal kejahatan masih sering pula terjadi.

Berikut ini beberapa cara sederhana yang perlu kita perhatikan untuk melindungi Whatsapp seperti dikutip Ringtimesbali.com dari laman thesun.co.uk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: 4 Smartphone Ini Diproduksi Pabrik Minuman hingga Kamera Film Hollywood

Pertama, Anda jangan pernah unduh otomatis semua file dari aplikasi WhatsApp. Hal pertama yang Anda lakukan adalah dengan memfilter file mencurigakan dari luar. Karena bisa jadi pintu masuk pertama peretas mengendus isi Whatsapp Anda.

File atau gambar dapat bertindak seperti 'kuda Troya' yang menyimpan kode, kemudian membuka celah peretas yang akan membajak ponsel Anda.

File atau gambar akan aman jika Anda melihatnya langsung di dalam WhatsApp. Tapi, jika Anda menyimpan otomatis ke telepon, justru akan membahayakan keamanan smartphone Anda.

Baca Juga: Harapan Hidup Penderita Kanker Paru-paru, Terutama Bagi Perokok Aktif

Alasannya ialah, pengirimnya sadar bahwa itu adalah gambar yang tidak aman, tapi karena Anda simpan secara otomatis, maka kan membuka celah dia berbuat jahat.

Bisa juga melalui celah ini, ia akan memasukan virus atau alat peretas untuk masuk ke smartphone Anda. Maka hal ini perlu diperhatikan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: thesun. co.uk


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X