Berikut Ini Cara untuk Mencegah Baterai Smartphone agar Tidak Kembung

- 19 Juni 2020, 15:00 WIB
Cara mengatasi baterai kembung

RINGTIMES BALI - Sebagian besar elektronik portable yang modern seperti laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya semuanya ditenagai oleh baterai lithium-ion atau biasa disebut Li-ion.

Smartphone yang kita gunakan sehari-haripun tentu memiliki masalah seperti baterai yang kembung atau buncit.

Penyebab baterai kembung tersebut terjadi ketika baterai lithium-ion mengalami panas berlebih saat mengisi daya atau karena usia smartphone sudah tua dan dimungkinkan sel-sel bagian dalam baterai itu menghasilkan campuran elektrolit yang mudah terbakar. Dari sinilah efek baterai kembung asalnya terjadi.

Baca Juga: Konsumsi Vitamin C dalam Dosis Tinggi Tiap Hari Tidak Efektif

Jika batrenya kembung terlihat kecil, mungkin ada yang tersangkut di perangkat, misalnya adanya ganjalan kecil seperti kartu microSD.

Namun, jika smartphone sudah terlanjur kembung, berikut ini cara mencegahnya, seperti dikutip Pikiran-rakyat.com dari How-To Geek

  1. Jaga bateraitetap dingin

Baterai lithium-ion harus dijauhkan dari suhu atau tempat yang panas. Jangan meletakkan perangkat di bawah terik matahari apalagi dengan kondisi mengisi daya. Hal ini penting dilakukan agar baterai tetap dalam kondisi suhu normal.

Baca Juga: Novel Baswedan Minta Bantuan Jokowi Agar Usut Kasus Penyiramannya

Berita ini sebelumnya telah terbit di pikiran-rakyat.com dengan judul Cara Mencegah Baterai HP Kembung, Berikut yang Harus Dilakukan Jika Sudah Terlanjur 'Gendut'

  1. Gunakan pengisi daya atau charger berkualitas

Terlalu lama mengisi daya dapat membuat baterai bertambah rusak. Gunakan charger yang lebih berkualitas meski harus dengan harga yang lebih mahal.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X