8 Keutamaan Membaca Surah Yasin, Mendatangkan Rezeki hingga Terhindar dari Siksa Kubur

- 25 November 2021, 16:50 WIB
Ilustrasi keutamaan membaca surah Yasin.
Ilustrasi keutamaan membaca surah Yasin. /Pixabay.com

RINGTIMES BALI – Surah YaSin (bahasa Arab:يس) adalah surah ke-36 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 83 ayat, serta termasuk golongan surah-surah Makkiyah.

Dilansir dari kanal Youtube Griya Twinza yang memaparkan sejumlah informasi pentig tentang keutamaan dan juga manfaat membaca surah Yasin baik dibaca setiap hari atau pada hari-hari tertentu.

1. Mendapatkan ampunan Allah akan dosa-dosa besar
Barang siapa yang membaca surah Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah SWT maka akan diampuni dosa-dosanya (HR. At Tabrani dan Al Bayhaqi dari Abu Hurairah r.a).

Baca Juga: Surah At Tahrim Ayat 1-8 Beserta Terjemahan, Seruan Allah untuk Menjaga Keluarga

2. Dianggap mati syahid
Dalam sebuah hadist At Tabrani dijelaskan bahwasannya jika seseorang membaca Yasin secara rutin maka akan dimudahkan saat sakaratul maut dan akan meninggal dalam keadaan syahid.

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid” (HR Thobroni dari pernyataan Annas Bin Malik).

3. Dipermudah segala urusan
“Barang siapa yang membaca surah Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga” (Sunaan daarimi Juz 2 hal 549).

Baca Juga: Arti dan Keutamaan Surah Al Falaq, Dapat Terhindar dari Sihir dan Penyakit Dengki

4. Mendapatkan ketenangan hati
Membaca Al Quran sama saja hal nya dengan berdzikir dan bagi seseorang yang memperbanyak dzikir maka hatinya akan tenang.

5. Terhindar dari siksa kubur
Siapa yang tak takut dengan siksa kubur? Mendengarnya saja sudah membuat bulu kuduk merinding. Fadhilah dari membaca surah Yasin secara rutin dapat meringankan siksa kubur yang amat mengerikan.

Halaman:

Editor: Rani Purbaya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X