Dinobatkan sebagai Desa Terbersih di dunia, Desa Panglipuran Bali Bikin Betah Wisatawan

- 26 Oktober 2020, 10:38 WIB
Desa Terbersih di dunia, Desa Panglipuran Bali.*/ /baliholidaymandiritour.com

RINGTIMES BALI – Desa Panglipuran merupakan desa adat yang terdapat di kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Dari dulu sampai sekarang, Panglipuran merupakan objek wisata yang masih didominasi oleh wisatawan mancanegara.

Desa Panglipuran dikenal sebagai objek wisata  yang sejuk, jauh dari gedung bertingkat, dan polusi udara. Objek Wisata satu ini digunakan sebagai contoh pertama sebagai  desa wisata Indonesia oleh pemerintah darah pada tahun 1995. 

Untuk menemukan desa Panglipuran ini tidaklah terlalu sulit, lokasi desa panglipuran sendiri  tidak jauh dari Kintamani atau Gunung Batur kurang lebih 45 km, dan 1 jam 15 menit dari Kota Denpasar atau 5 km dari Kota Bangli.

Baca Juga: Kenali 3 Tanda Bahwa Dia Adalah Jodohmu

Disini, wisatawan bisa menemuka keindahan pedesaan yang jauh dari kebisingan lalu lintas dan peradaban modern.

Untuk masuk ke area desa Panglipuran, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Dewasa Rp. 15.000, tiket anak Rp. 10.000 untuk mancanegara dikenakan Rp. 30.000 wisatawan dewasa, Rp. 25.000 untuk anak.

Sejak awal tahun 2016 silaml, Desa Panglipuran di Bali bersama dengan dua desa lainnya yaitu Desa Giethoorn Belanda dan Desa Mawlynnong India dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia.

Baca Juga: Bisnis Rumahan Wajib Memiliki Izin P-IRT, Berikut Syarat-syarat untuk Mengurusnya!

Wisatawan yang berkunjung kesini akan sangat terkesima dengan lingkungan desa yang sangat bersih, tanpa  sampah dan polusi.  

Pada tahun 2017 desa Panglipuran mendapat penghargaan ISTA ( Indonesia Sustainable Tourism Award) 2017 dengan peringkat terbaik untuk kategori pelestarian budaya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X