6 Tips Mengecek Kondisi Ban Mobil Saat Musim Hujan

- 22 November 2020, 16:55 WIB
Cek Kondisi Ban Mobil di Musim Hujan, Ikuti 6 Tips Mudah Ini /Dok MMKSI/

RINGTIMES BALI  - Cek kondisi ban mobil di musim hujan caranya mudah, Anda hanya perlu rajin mengecek setap permasalahan ban mobil Anda.

Menjelang musim hujan, pengguna mobil sebaiknya kembali memeriksa kondisi ban karena komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan itu menjadi salah satu penentu keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Ban adalah komponen mobil yang secara langsung bersentuhan dengan permukaan jalan.  Ban memiliki peranan penting dan membutuhkan pengecekan dan perawatan secara berkala.

Baca Juga: Mesin Mobil Berdengung? Segera Ganti 4 Komponen ini, Gigi Nanas Salah Satunya

"Pengecekan dan perawatan dapat dilakukan oleh pengguna dengan melakukan rotasi ban, memeriksa tekanan udara, melakukan spooring dan balancing, serta mempersiapkan kondisi ban cadangan," kata Boediarto, selaku Head of After Sales & CS Operation PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), seperti dikutip Ringtimesbali.com dari laman Antaranews.com, Minggu, 22 November 2020.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan, untuk menghadapi musim hujan.

  1. Cek Tekanan Udara

Poin ini adalah hal pertama dan sangat mendasar dalam rutinitas pengecekan ban. Anda dapat dengan mudah melihat sekeliling mobil, apakah ada ban yang kempes atau tekanan udaranya berkurang.

Selain demi keamanan dan kenyamanan, tekanan udara yang sesuai dengan spesifikasi akan membuat usia ban lebih panjang dan hemat bahan bakar.

Baca Juga: Bikin Liburan Musim Gugurmu Makin Keren dengan 5 Rekomendasi Hotel Ideal di Korea

Jika tekanan udara pada ban kurang, maka risiko mengalami pecah ban lebih besar karena dinding samping ban dipaksa bersentuhan dengan jalan dan pada akhirnya menjadi aus/tipis sehingga tidak akan kuat menahan bobot mobil.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Antaranews.com


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X