Bupati Sanjaya Jadi Pembicara Webinar Nasional, Angkat Program Smara Ratih Sukses Turunkan Stunting

- 5 Juni 2023, 20:23 WIB
Bupati Sanjaya jadi pembicara webinar nasional
Bupati Sanjaya jadi pembicara webinar nasional /Dok Humas Tabanan

RINGTIMES BALI - Kerja keras Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, bersama Ny. Rai Wahyuni Sanjaya dan jajaran Pemkab Tabanan dalam mendukung program pencegahan stunting, akhirnya berbuah manis.

Salah satu Desa di Tabanan, yakni Desa Tegal Mengkeb, Seltim, mendapat apresiasi dari Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, sebagai salah satu Praktik Baik Desa/Kelurahan De'Best (Desa Bebas Stunting) di 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Hal tersebut diungkapkan pada Senin, (5/6), oleh Kepala BKKBN RI Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G., dalam Webinar Praktik Baik Desa/Kelurahan De'Best (Desa Bebas Stunting) di 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Yang mana Webinar tersebut diikuti langsung oleh Bupati Tabanan di Ruang TCC Kominfo Tabanan dan didampingi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Sekda, Asisten I, Inspektur dan OPD terkait, Camat Seltim serta Perbekel Desa Tegal Mengkeb. 

Dalam kesempatan itu, Kepala BKKBN menyampaikan, bahwa pencegahan stunting harus melalui pendekatan keluarga, karena disebabkan oleh pola asuh ataupun pola makan serta imunisasi yang kurang baik dari pihak keluarga.

Untuk itu, Desa/Kelurahan dipandang sangat dekat dengan keluarga, sehingga mampu mempercepat program pencegahan stunting karena paling dekat dengan keluarga.

Baca Juga: TP. PKK Badung Tanam 200 Bibit Pohon Bunga di Tiga Pura di Kecamatan Petang

Kemudian arti penting dari kegiatan 1000 hari seperti hari ini, dikatakannya sangat penting sebagai persiapan bagi orang tua agar mampu melahirkan generasi yang baik dan bebas stunting.

Hal itu disampaikannya harus medapat perhatian dari Pemdes dan Pemda, untuk menjadi Desa Bebas Stunting di 1000 hari kehidupan pertama, harus dipahami sejak sebelum hamil dan diharapkan sebelum nikah dipersiapkan dengan matang perencanaanya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x