Panen Perdana di Kebun Edukasi Matanabe , Sekda Badung Imbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

- 5 Juni 2023, 16:00 WIB
Sekda Adi Arnawa saat melaksanakan panen perdana tanaman cabai dan terong di Kebun Edukasi Dinas Pertanian dan pangan Kab. Badung, Senin (5/6).
Sekda Adi Arnawa saat melaksanakan panen perdana tanaman cabai dan terong di Kebun Edukasi Dinas Pertanian dan pangan Kab. Badung, Senin (5/6). /Dok Humas Badung

RINGTIMES BALI - Untuk mengantisipasi gejolak harga komoditi pangan dan hortikultura khususnya cabai, masyarakat dihimbau untuk bisa memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan yang non produktif untuk ditanami berbagai tanaman sayuran untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mengungkapkan hal itu usai melaksanakan panen perdana tanaman cabai dan terong di kebun edukasi Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Badung, Senin (5/6).

Menurut Adi Arnawa, saat harga cabai mengalami kenaikan dipasaran yang biasanya terjadi saat musim hujan dan menjelang tahun baru, masyarakat bisa menyiasati dengan menanam cabai di pekarangan rumah.

Dan juga bisa memanfaatkan lahan kosong di areal perkantoran dan sekolah yang selama ini sering tidak dimanfaatkan secara optimal, katanya.

Baca Juga: Bupati Tabanan Lepas 33 Peserta Kontingen PENAS XIV KTNA Ke Kota Padang, Sumatera Barat

Oleh karena itu pihaknya menyambut baik gagasan Dinas Pertanian dan Pangan menyulap halaman kantor menjadi kebun edukasi untuk memberikan contoh bahwa apabila dirawat dengan baik cabai dan tanaman hidroponik dapat menghasilkan untuk mengurangi pengeluaran keluarga.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana melaporkan bahwa pihaknya memiliki program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Matanabe dan Sibertani untuk mendorong masyarakat memanfaatkan lahan-lahan yang tidak produktif menjadi bermanfaat bagi keluarga.

Kini pihaknya juga mendorong agar lahan kosong di area perkantoran dan sekolah bisa dimanfaatkan menjadi kebun percontohan untuk memotivasi masyarakat agar gemar menanam sebagai upaya pemerintah untuk ikut menekan laju inflasi.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x