Megawati Perintahkan Gubernur Koster Kumpulkan Semua Kepala Daerah se-Bali, Bahas Ulah WNA Nakal

- 30 Mei 2023, 20:00 WIB
Wayan Koster dan Megawati
Wayan Koster dan Megawati /Antara: Aditya Pradana Putra dan Fikri Yusuf/

RINGTIMES BALI - Gubernur Bali Wayan Koster akan mengumpulkan seluruh bupati/walikota se-Bali pada Rabu 31 Mei 2023 besok.

Dalam agenda rapat koordinasi yang akan diadakan di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Kawasan Niti Mandala, Renon, Denpasar, disebutkan merupakan inisiasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Memperhatikan arahan Presiden ke-5 Republik Indonesia, Ibu Prof. Dr. (HC) Hj. Megawati Soekarnoputri, berkenaan dengan maraknya perilaku wisatawan mancanegara di Bali, yang tidak pantas, tidak sopan, dan berbicara kasar, serta melakukan aktivitas usaha, dan melakukan pelanggaran peraturan perundang-undangan, yang berdampak merusak nama baik dan citra Bali," demikian isi surat undangan dari Gubernur Koster kepada bupati/walikota se-Bali yang beredar luas di media sosial Twitter, Senin 29 Mei 2023.

Bahkan dalam undangan disebutkan, Wayan Koster mewajibkan semua kepala daerah di Bali hadir langsung tanpa diwakilkan.

"Khusus kepada wali kota/bupati se-Bali, saya perlu menyampaikan bahwa Presiden RI ke-5 Ibu Megawati Soekarnoputri menegaskan saudara wajib hadir mewakilkan. Saya diperintah untuk melapor bagi saudara yang tidak hadir kepada beliau," lanjut Koster dalam surat undangan tersebut.

Hal ini sontak mendapat berbagai macam reaksi dari warganet di sosial media yang mempertanyakan keaslian surat tersebut. Terlebih arahan rapat datang dari Megawati Soekarnoputri, bukan dari Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Anggota DPR RI Minta Polri Tindak Cepat Dugaan Indikasi Dana Politik dari Jaringan Narkoba

Dikonfirmasi terkait kebenaran surat yang beredar, Wayan Koster mengakui surat undangan rapat yang ditekennya pada 27 Mei 2023 itu ditujukan kepada seluruh kepala daerah se-Bali itu. Ia mengatakan arahan tersebut sebagai bentuk keprihatinan Megawati terhadap kondisi kepariwisataan Bali yang menjadi sorotan beberapa waktu belakangan.

"Ya benar karena beliau (Megawati Soekarnoputri) sangat serius perhatian terhadap kepariwisataan Bali. Tapi surat ini tidak boleh beredar," terang Koster kepada wartawan melalui WhatsApp, Selasa 30 Mei 2023.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x