Waspada Gelombang Laut Sanur-Nusa Penida Capai 2,5 Meter

- 29 Mei 2023, 17:18 WIB
Pantai Kelingking, Nusa Penida, spot wisata favorit wisatawan
Pantai Kelingking, Nusa Penida, spot wisata favorit wisatawan /Tangkap layar google map A Decoux/Andre Putra/Ringtimes Bali Pikiran rakyat

RINGTIMES BALI - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memperkirakan ketinggian gelombang laut pada jalur penyeberangan Sanur di Denpasar menuju pulau wisata Nusa Penida di Kabupaten Klungkung mencapai 2,5 meter. 

Jalur penyeberangan yang berada di Selat Badung tersebut, kerap dilalui nelayan, serta menjadi kawasan wisata bahari.

"Kecepatan angin di kawasan itu diperkirakan hingga 20 knot," ungkap Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dikutip dari Antara, Senin 29 Mei 2023.

Menurutnya kecepatan angin setara 37 kilometer per jam,  diperkirakan bergerak dari arah timur-tenggara. Ia mengingatkan para nelayan dan pelaku wisata bahari agar mengamati informasi cuaca berkala di BMKG untuk mengantisipasi potensi cuaca buruk. 

Selain jalur Sanur-Nusa Penida, BMKG juga memperkirakan ketinggian di jalur penyeberangan Padangbai-Lembar yang berada di Selat Lombok juga mencapai 2,5 meter. Sedangkan di Selat Bali juga diperkirakan ketinggian gelombang yang sama 2,5 meter. Selat Bali sendiri merupakan jalur penyeberangan dari Gilimanuk menuju Ketapang, Banyuwangi. 

Sementara untuk cuaca di Pulau Dewata secara umum diperkirakan cerah hingga berawan dan ada potensi hujan ringan di Bali bagian selatan. 

BMKG menjelaskan kondisi cuaca tersebut disebabkan oleh suhu muka laut di sekitar wilayah Bali berkisar 26-30 derajat Celcius dan masa udara basah terkonsentrasi di lapisan permukaan hingga lapisan 850 milibar atau 3.000 meter. 

Kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar, menurut BMKG, yakni perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal feri apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.***

Baca Juga: BMKG: Prakiraan Cuaca Kecamatan di Provinsi Bali, Selasa 30 Mei 2023

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x