Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Bale Banjar Padangsambian

- 29 Mei 2023, 16:00 WIB
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadiri Upacara Negteg Beras, Ngingsah, Mecaru Eka Sata dan Ngadegang Ida Bhatara serangkaian Karya Memungkah, Ngenteg Linggih lan Padudusan Alit Waraspati Kalpa di Banjar Padangsambian, Desa Adat Padangsambian, Denpasar, Senin (29/5).
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadiri Upacara Negteg Beras, Ngingsah, Mecaru Eka Sata dan Ngadegang Ida Bhatara serangkaian Karya Memungkah, Ngenteg Linggih lan Padudusan Alit Waraspati Kalpa di Banjar Padangsambian, Desa Adat Padangsambian, Denpasar, Senin (29/5). /Dok Humas Denpasar
RINGTIMES BALI - Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Upacara Negteg Beras, Ngingsah, Mecaru Eka Sata dan Ngadegang Ida Bhatara serangkaian Karya Memungkah.
 
Ngenteg Linggih lan Padudusan Alit Waraspati Kalpa di Banjar Padangsambian, Desa Adat Padangsambian, Denpasar, Senin (29/5).
 
Hadir pula Anggota DPRD Bali, I Wayan Kariarta, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Karisantika, Ketua MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana serta undangan lainya. 
 
Rangkaian upacara diawali dengan Negteg Beras, dilanjutkan dengan Ngingsah, Mecaru Eka Sata hingga Ngelinggihang Ida Bhatari Manik Galih, Ida Bhatara Rare Angon, Ida Bhatari Saraswati, Ida Bhatara Tapini dan Ida Bhatari Sri Sedana.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa turut mengikuti persembahyangan bersama dengan khidmat yang dilanjutkan dengan penyerahan punia. 
 
Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, Karya Memungkah, Ngenteg Linggih lan Padudusan Alit Waraspati Kalpa di Banjar Padangsambian, Desa Adat Padangsambian ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat untuk selalu eling dan meningkatkan srada bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa.
 
Sehingga menjadi sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari Tri Hita Karana.
 
 
“Dengan pelaksanaan pujawali dan bhakti penganyar ini mari kita tingkatkan rasa sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana,” ujar Arya Wibawa
 
Sementara, Kelihan Adat Banjar Padangsambian, Drs. I Wayan Dira menjelaskan, karya ini dilaksanakan lantaran pengerjaam renovasi Bale Banjar dan Parahyangan Banjar telah rampung dikerjakan. Dimana, rangkaian pelaksanaan karya telah dimulai pada 8 Mei lalu dengan upacara Nuasen dan Naceb Tetaring.
 
Dilanjutkan Nunas Pakuluh pada 28 Mei lalu. Untuk upacara Negteg Beras, Ngingsah, Mecaru dan Ngadegang Daksina dilaksanakan pada Senin (29/5). 
 
Selanjutnya, upacara Melasti dilaksanakan pada Rabu, 31 Mei mendatang. Sementara itu Puncak Karya akan dilakasanakan pada Sabtu, 3 Juni mendatang yang pertepatan dengan Purnama Sasih Sada. Setelah Puncak Karya, Ida Bhatara Nyejer untuk nantinya dilaksanakan penyineban pada Selasa, 6 Juni 2023 mendatang. 
 
Dira berharap, pelaksanaan Karya Memungkah, Ngenteg Linggih lan Padudusan Alit Waraspati Kalpa di Banjar Padangsambian, Desa Adat Padangsambian ini dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana. Sehingga kedepan melalui bhakti kepada Ida Bhatara Sesuhunan dapat memberikan kesehatan dan kesejahteraan bagi semua umat. 
 
"Terimakasih atas dukungan semua pihak kepada kami dalam melaksanakan yadnya ini, kami mohon doa restu, semoga karya ini berjalan lancar dan penuh makna, dan semoga kita semua dianugrahi kesehatan dan kesejahteraan, sekali lagi terimakasih," ujarnya. ***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x