Mendes PDTT Sebut Pembangunan Jalan Desa Berhasil Tingkatkan Ekonomi Rakyat

- 25 Mei 2023, 18:51 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.*
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.* /Dok. Kemendes PDTT./

RINGTIMES BALI- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, menyebutkan bahwa pembangunan jalan desa, yang didanai dengan Dana Desa berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa, pembangunan jalan desa dengan Dana Desa selama tahun 2015 sampai 2022, berhasil memeratakan ekonomi khususnya golongan menengah ke bawah.

“Sepanjang 2015-2022 pembangunan jalan desa yang didanai dengan Dana Desa berhasil meningkatkan ekonomi rakyat sekaligus memeratakan ekonomi, terutama bagi golongan menengah ke bawah,” ucap Abdul Halim Iskandar, dikutip dari Antara, Kamis 25 Mei 2023.

Menurutnya peningkatan ekonomi warga desa, dapat dilihat dari peningkatan proporsi pengeluaran sebesar 0,64 persen dari golongan terbawah di desa, dan sebanyak 1,44 persen peningkatan pengeluaran dari golongan menengah.

Sedangkan untuk golongan teratas, proporsi pengeluarannya mengalami penurunan sebesar 20 persen, atau turun sebesar 2,08 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kabupaten Tabanan Raih Peringkat Ketiga Kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021

Lebih lanjut dijelaskan Abdul Halim Iskandar bahwa, alokasi dana desa sudah tepat sasaran dan sesuai kebutuhan desa, hal tersebut ditunjukkan dari adanya peningkatan proporsi pengeluaran warga desa.

Abdul Halim Iskandar menegaskan bahwa Dana Desa yang berasal dari APBN, secara khusus di transfer langsung rekening kas negara ke rekening kas desa.

Selanjutnya, negara membuka ruang kepada rakyat desa, untuk secara mandiri menentukan penggunaan Dana Desa, sehingga pengeluaran bisa tepat sasaran dan sesuai kebutuhan rakyat desa.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x