Waspada! Gelombang Laut Tinggi Landa Selat Bali dan Lombok

- 22 Mei 2023, 14:48 WIB
Logo BMKG
Logo BMKG /Siti Maryam Purwoningrum /Harian Bogor Raya/BMKG

RINGTIMES BALI- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat agar waspada akan terjadinya potensi gelombang laut tinggi yang melanda Selat Bali dan Lombok pada 22-23 Mei 2023. 

BMKG memprediksi, Selat Bali yang kerap menjadi jalur pelayaran laut dari Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk dan selat lombok pelayaran laut dari Pelabuhan Padangbai-Lembar, diperkirakan tinggi gelombang mencapai 2,5-4 meter.

Selain Selat Bali, kondisi gelombang tinggi serupa juga diperkirakan berpeluang terjadi di perairan barat Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Bengkulu - Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Pulau Jawa-Pulau Sumba, perairan selatan Pulau Sawu, Samudra Hindia Selatan Jawa-NTT, perairan selatan Kepulauan Tanimbar, perairan selatan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, Laut Arafuru dan Laut Banda. 

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo mengatakan, terkait terjadinya  peningkatan gelombang tinggi, disebabkan oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang dominan bergerak dari barat daya menuju barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sedangkan pada wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, Laut Arafuru, dan perairan Merauke,” jelas Eko, dikutip dari Antara, Senin 22 Mei 2023.

Dia pun menghimbau kepada masyarakat yang beraktivitas dan tinggal di daerah pesisir agar selalu waspada akan terjadinya potensi gelombang tinggi ini.

"Dan selain itu, potensi gelombang tinggi ini dapat berisiko juga terhadap keselamatan pelayaran,” tandasnya.***

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Perairan Bali-NTB, Selasa 23 Mei 2023

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x