WHO Berhasil Cegah 4 Juta Kematian Setiap Tahun dengan Vaksin

- 23 Mei 2023, 15:15 WIB
Vaksin
Vaksin /WiR_Pixs/Pixabay

RINGTIMES BALI- Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan bahwa vaksin berhasil mencegah lebih dari empat juga kematian setiap tahunnya.

Meskipun beberapa penyakit belum diketahui secara pasti, namun sampai dengan saat ini tercatat lebih dari 30 jenis penyakit, bisa dicegah dengan vaksin.

Dalam pembukaan Majelis Kesehatan Dunia yang digelar di Jenewa pada 21 Mei 2023, Tedros mengatakan bahwa, sebagai pemuda yang besar di Afrika, penyakit telah merenggut nyawa dari saudara laki-lakinya.

Tedros menjelaskan bahwa, dengan vaksin bisa mengobati dan mencegah penyebaran berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya cacar.

“Namun jutaan anak-anak di seluruh Afrika dan di seluruh dunia, anak-anak seperti saudara saya, terus direnggut oleh penyakit, di mana anak-anak di negara lain disuntik vaksin,” ucap Tedros, dikutip dari Antara, Senin 22 Mei 2023.

Lebih lanjut dijelaskan Tedros bahwa, inilah yang menjadi alasan mengapa pada 1974, WHO meluncurkan Program Imunisasi yang Diperluas (EPI), guna memastikan anak-anak di seluruh penjuru dunia, mendapatkan dan merasakan manfaat vaksin.

Baca Juga: Respon China Usai WHO Akhiri Status Darurat Global COVID-19

Pada awalnya dilaksanakan EPI, jelas Tedros, untuk enam penyakit utama seperti campak, difteri, pertusis atau batuk rejan, TBC, polio, dan tetanus.

Saat sebelum enam vaksin utama ini diluncurkan melalui EPI, tercatat baru sekitar 10 persen dari total seluruh anak-anak di dunia, yang mendapatkan tiga dosis vaksin DPT.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x